25 radar bogor

Dana Desa Tahap Pertama Cair, Desa Sukajaya Geber Infrastruktur

Tim bersama Pendamping Desa Kecamatan Tamansari melakukan pengecekan sejumlah pembangunan infrastruktur, kemarin.

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukajaya mulai menggeber pekerjaan infrastuktur seperti jalan lingkungan, mandi cuci kakus (MCK) dan Posyandu.

Peningkatan infrastruktur tersebut tak lepas dari pembiayaan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap pertama yang terserap sebesar Rp230 juta.

Pendamping Desa Kecamatan Tamansari, Muhammad Sajudin menerangkan, terkait pekerjaan sarana dan prasarana lingkungan Pemdes Sukajaya, pihaknya telah melakukan pengecekan ke lapangan, untuk memastikan lokasi maupun progres pekerjaannya.

“Saya sudah ceck lokasi dan memastikan anggaran yang terserap tepat sasaran,” tuturnya kepada Radar Bogor, Kamis (13/6).

Aji sapaan akrabnya menuturkan, untuk besaran anggaran DD yang terserap pada tahap pertama ini nantinya akan dibagi dua.

Pertama untuk melaksanakan ketiga pekerjaan infrastruktur, kedua akan difungsikan sebagai modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukajaya.

“DD nantinya akan di alokasikan untuk BUMDes sebesar Rp 100 juta. Setiap desa di Kecamatan Tamansari juga nominalnya sama. Anggaran itu untuk penyertaan modal,” terangnya

Lebih Lanjut, Aji menyebutkan, untuk lokasi pembangunan terdapat pada dua titik di luas Desa Sukaja.

Diantaranya, tiga MCK di Kampung Nambo dan dua MCK di Kampung Jami.

Kemudian, pembanguan satu posyandu untuk desa dan dilanjutkan dengan pekerjaan jalan lingkungan sepanjang 600 meter.

“Untuk pekerjaan jalan lingkungan nanti di hotmix. Ketiga kategori pekerjaan tersebut merupakan priortias kebutuhan masyarakat. Target abis bulan ini harus selesai, karena harus pencarian DD Tahap Dua,” pungkasnya (drk/c)