Beranda Bogor Raya

Bogor Kekurangan Armada Sampah, Bupati Minta Kurangi Sampah Plastik

Satu unit truk pengangkut sampah di Jalan Lingkar Luar Leuwiliang.

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor masih kekurangan armada untuk mengangkut sampah yang tersebar di 40 Kecamatan.

Bahkan saat ini Dinas Lingkungnan Hidup (DLH) baru memiliki 183 armada jauh dari idealnya 400 hingga 600 armada truk sampah.

“Kami ingin dalam momen HJB meminta untuk tidak buang sampah sembarangan dan berakibat kerusakan linhkungan dan banjir,” kata Bupati Bogor Ade Yasin usai menggelar kegiatan HJB kemarin.

Ade juga melihat mengenai masih kurangnya armada truk sampah bisa dimaksimalkan salah satunya dengan cara memanfaatkan tempat pembuangan sampah sementara.

“Sebenarnya idealnya 600 truk sampah karena, jumlah sampah yang terangkut baru terangkat sedikit. Dan perlunya revisi (perubahan pola pikir, red) terkait dengan upaya masyarakat untuk mengurangi sampah plastik,” ucapnya

Hal senada dikatakan, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungnan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana. Saat ini DLH berupaya menambah armada agar tidak keteter disetiap wilayah. .

“Tahun ini ada 31 truk dari total 62 tapi belum dibagikan yang berasal dari pengadaan APBD,” kata Atis

Ia menuturkan, jumlah armada saat ini yang dimiliki DLH Kabupaten Bogor sekitar 183 armada itupun masih kurang.

“Idealnya 400 truk tapi masih jauh dari harapan, dan jumlah armada kita baru setengahanya,” tuturnya.

Dirinya mengaku, penambahan armada untuk mengantisipasi pembangunan TPA Nambo. Karena Pemkab Bogor mempunyai kuota 500 hingga 600 ton sampah perharinya.

“Setiap hari saja bisa mengangkut sampah 150 ton, dan untuk sampah liar di jalan menghasilkan 69 ton dengan rata-rata setiap armada mampu mengangkut dua sampai tiga ton,” pungkasnya. (nal/c)

Baca Juga