Beranda Metropolis

Sepekan Pasca Lebaran, Cabai di Kota Bogor Makin Pedas. Cek Daftar Harganya di Sini!

Ilustrasi harga cabai

BOGOR – RADAR BOGOR, Sepekan usai Lebaran, harga-harga kebutuhan pokok dan sayur mayur di Kota Bogor belum juga turun. Bahkan ada yang cenderung naik sejak dua pekan jelang Lebaran.

Cabai misalnya. Dari hasil pantauan Radar Bogor di Pasar Bogor, khusus cabai yang naik sejak dua pekan menjelang lebaran hingga kemarin masih di kisaran Rp38-45 ribu per kilogram.

Seperti cabai keriting, naik menjadi Rp45 ribu yang sebelumnya Rp40 ribu per kg. Begitu pun dengan cabai merah biasa, malah naik menjadi Rp38 ribu per kg. Padahal, sebelumnya ada di kisaran Rp35 ribu per kg.

Sedangkan, cabai rawit dijual Rp35ribu per kg, sebelumnya hanya Rp24 ribu. Berbeda dengan cabai jablay yang turun menjadi Rp32 ribu dari Rp38ribu per kg.

Sementara harga bawang putih, yang sempat tinggi selama tiga pekan puasa, masih bertahan dengan harga yang turun di pekan keempat puasa, yakni Rp45ribu per kg. Sedangkan bawang merah naik dari Rp35 ribu jadi Rp38 ribu per kg.

Hal tersebut dibenarkan salah seorang pedagang di Pasar Bogor, Gopal (21).

Menurutnya, kenaikan harga disebabkan adanya penahanan stok barang yang dilakukan para petani jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah 2019.

Akibat penahanan barang tersebut, para pedagang di Pasar Bogor kewalahan untuk mendapatkan bahan-bahan pokok.

“Sampai saat ini belum ada penurunan harga, karena stok yang dijual terbatas” ungkap Gopal, yang ditemui di lapaknya di Pasar Bogor, Selasa (11/6/2019).

Lebih rinci, Gopal menyebut, cabai keriting naik menjadi Rp45 ribu yang sebelumnya dijual Rp40 ribu per kg. Lalu cabai merah besar, sebelumnya Rp35 ribu kini menjadi Rp38 ribu per kg.

Bahkan, kenaikan harga juga terjadi pada cabai jenis rawit hijau dengan harga jual per kilo mencapai Rp35 ribu, sebelumnya Rp24 ribu.

“Berbeda dengan cabai jablay, dari Rp38 ribu menjadi Rp32 ribu per kilo,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Tedy Sutiadi membenarkan terjadinya kenaikan harga bahan pokok masyarakat di Pasar Bogor pada 11 Juni.

Naik dan turunnya harga sembako, dilihat berdasarkan Laporan dan Perkembangan Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Kota Bogor.

“Perkembangan dari harga bahan pokok Pasar Bogor dan Pasar Anyar,” singkat Tedy kepada Radar Bogor, kemarin.

Adapun berdasarkan catatan pelaporan perkembangan harga bahan pokok masyarakat yang dipaparkan Tedy, terlihat kenaikan harga terjadi pada cabai merah jenis biasa atau besar dengan harga Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilo.

Cabai rawit merah turun per kilo dari Rp40 ribu menjadi Rp36 ribu. Sementara, bawang merah stabil dengan harga per kilo Rp35ribu. Sedangkan bawang putih turun dari Rp50ribu menjadi Rp35 ribu. (cr1/c)

Harga Cabai di Pasar Bogor

Cabai Keriting

  • Harga lama Rp40 ribu/Kg
  • Harga baru Rp45 ribu/Kg

Cabai Merah Besar

  • Harga lama Rp35 ribu/Kg
  • Harga baru Rp38 ribu/Kg

Cabai Rawit

  • Harga lama Rp35 ribu/Kg
  • Harga baru Rp24 ribu/Kg

Cabai Jablay

  • Harga lama Rp38 ribu/Kg
  • Harga baru Rp32 ribu/Kg

Bawang putih

  • Harga lama Rp50 ribu/Kg
  • Harga baru Rp45 ribu/Kg

Bawang merah

  • Harga lama Rp35 ribu/Kg
  • Harga baru Rp38 ribu/Kg

Baca Juga