Beranda Bogor Raya

Karyawan di Cileungsi Bisa Ambil KPR Pakai BPJS Ketenagakerjaan

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

CIBUBUR-RADAR BOGOR, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cileungsi, Kabupaten Bogor, memberikan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) kepada para pesertanya.

Humas BPJS Ketenagakerjaan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Dedi mengatakan, KPR BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi salah satu solusi dan pilihan untuk buruh atau karyawan yang tergabung dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini bisa dimaksimalkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan Cileungsi. Kita pun sudah bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) untuk hal ini,” katanya kepada Radar Bogor di kantornya Selasa (11/6/2019).

lebih lanjut, Dedi menuturkan, Peserta BPJS Ketenagakerjaan CIleungsi bisa memanfaatkan kepesertaan untuk mendapatkan KPR dengan biaya lebih murah.

“Sejauh ini, BPJS Ketenagakerjaan memberikan dua jenis pilihan KPR BPJS Ketenagakerjaan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cileungsi, Abdul Soleh menuturkan, hal pertama yang perlu dilakukan peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah mendatangi developer perumahan.

“Dari developer, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat menanyakan apakah melayani kredit rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Dia berharap, jika pihak developer menerima, maka peserta BPJS Ketenagakerjaan Cileungsi harus melengkapi syarat kredit rumah sesuai ketentuan developer perumahan tersebut. Selanjutya, peserta melengkapi persyaratan.

“Jika sudah lengkap, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mengecek keaktifan peserta di BPJS Ketenagakerjaan. Dengan catatan, Peserta BPJS Ketenagakerjaan telah menjadi peserta minimal selama satu tahun,”tuturnya.

Adapun syarat-syarat yang haru dipenuhi yakni, telah terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, tertib administrasi kepesertaan, Iuran aktif, telah direkomendasikan BPJS Ketenagakerjaan, belum memiliki rumah sendiri. Juga memenuhi syarat dan ketentuan bank penyalur dan OJK.

Selain itu juga peserta BPJS Ketenagakerjaan harus menyertakan Kartu identitas peserta BPJS Ketenagakerjaan, KTP, Formulir pengajuan, Keterangan penghasilan dan syarat lain yang bisa berbeda di tiap bank,” tukasnya. (all/b)

Baca Juga