Beranda Berita Utama

Lewati Batas Larangan, Tiga Warga Bogor Nyaris Tewas di Pelabuhanratu

Pantai Istiqomah, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Sebanyak tiga wisatawan asal Kota Bogor tenggelam di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kemarin pagi. Ketiganya tenggelam akibat berenang melewati batas terlarang yang sudah ditetapkan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhan­ratu, Kabupaten Sukabumi.

Data dari Balawista Sukabumi menyebutkan, ketiga wisatawan itu adalah Galih (17), Arya (14) dan Pabi Sudatman (16) warga Jalan Mayor Oking, RT 04/06, Kota Bogor. Dari tiga orang tersebut, satu orang korban yakni Pabi harus mendapatkan penanganan intensif dan dibawa ke RSUD Palabuhanratu.

“Kecelakaan laut itu terjadi pada Senin sekitar pukul 07:00 WIB. Ketiga korban tersebut berenang di laut kemudian tenggelam,” kata Kepala Divisi Operasional, SDM dan Diklat Balawista Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh.

Selanjutnya, tutur Asep, ketiga orang itu terselamatkan dan dua orang dalam keadaan sehat. Sementara korban satu lagi atas nama Padi dibawa ke RSUD Palabuhanratu karena banyak meminum air laut sehingga harus mendapatkan penanganan khusus.

“Posisi korban berenang di area bendera merah dan kami sudah imbau bahwa tanda bendera merah sangat berbahaya. Namun peringatan tersebut tidak dihiraukan sehingga terjadilah kasus tersebut,” ucapnya.

Dengan kasus tersebut, maka jumlah korban tenggelam yang diselamatkan petugas selama momen libur Lebaran bertambah banyak. Sebelumnya, hingga Minggu (9/6), tercatat sebanyak 13 wisatawan tenggelam yang terselamatkan di Pantai Selatan Kabupaten Su­kabumi. “Hingga H+4 Lebaran, jumlah kecelakaan laut mencapai tujuh kasus dengan 13 orang koban terselematkan,” bebernya.

Sekadar diketahui, pada Minggu (9/6) atau H+4 Lebaran dilaporkan satu kasus kecelakaan laut di Pos IP/NR dengan satu orang terselamatkan.

Sementara pada Sabtu (8/6) atau H+3 Lebaran tercatat ada dua kejadian wisatawan tenggelam yang terselematkan. Dua keja­dian tersebut terjadi di Pos Citepus dengan tiga orang ter­selamatkan dan di Pos Sanset Karang Papak dengan satu orang terselamatkan.

Pada hari sebelumnya, Jumat (7/6), ada dua kejadian di Pos Karang Hawu Kebon Kelapa dua orang terselamatkan dan di Lapang Kadaka tiga orang terselamatkan.

Selanjutnya pada Kamis (6/6) atau H+1 Le­baran dilaporkan dua kejadian kecelakaan laut. Rinciannya di Pos Karang Hawu I sebanyak satu orang terselamatkan dan Pos Samudra Karangnaya dua orang terselamatkan.

“Pengunjung tenggelam ter­sebut semuanya terselamatkan oleh petugas penjaga pantai Balawista. Ke depan, Balawis­ta tetap melakukan penjagaan rutin pada momen musim libur hingga Minggu (16/6) menda­tang,” imbuhnya.

Asep berharap kasus kecelaka­an laut ini bisa dicegah dengan adanya kewaspadaan dari para pengunjung. Para wisata­wan juga harus mematuhi rambu-rambu peringatan yang dipasang di sepanjang pantai. Selain itu juga menaati arahan dari petugas di lapangan. (rep/rez/run)

Baca Juga