25 radar bogor

Rekonsiliasi Pasca Pilpres, Maruf Amin Siap Bertemu Sandiaga Uno

Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Berbagai upaya untuk mewujudkan rekonsiliasi pascapemilu terus dilakukan. Kubu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 01 mengaku siap melakukan rekonsiliasi. Di level cawapres, KH Ma’ruf Amin mengaku siap bertemu dengan Sandiaga Uno.

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf setelah menghadiri buka bersama di rumah Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Ma’ruf mengaku siap membuka diri untuk melakukan silaturahmi. Menurut dia, elite politik memang seharusnya bisa menjadi contoh bagi masyarakat. “Agar negara kita menjadi tenang dan kembali utuh seperti sebelum pilpres dan pileg,” ucap dia.

Versi Ma’ruf, kubu 01 sebenarnya sudah berupaya menemui pihak 02. Tapi, upaya itu belum membuahkan hasil. Dia mencontohkan, Joko Widodo yang sempat berinisiatif melakukan rekonsiliasi pada 22 April lalu. Saat itu Jokowi mengutus Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk bertemu capres 02 Prabowo Subianto. Sayang, pertemuan itu tak kunjung terlaksana.

Ma’ruf berharap momentum Lebaran ini bisa menjadi sarana untuk saling memaafkan. Dengan begitu, ajakan kubunya untuk melakukan rekonsiliasi bisa disambut pihak oposisi. “Secara personal, kami masih terus melakukan upaya rekonsiliasi. Cuma memang waktunya belum ketemu,” papar pria kelahiran Tangerang tersebut.

Ma’ruf mengaku siap bertemu dengan Sandiaga Uno. “Hanya saja memang waktunya yang belum bisa,” ujarnya. Sandiaga Uno saat ini berada di luar negeri. “Pak Sandi sedang di Amerika. Kalau saya pribadi siap bertemu beliau,” ujarnya. (JPG)