Beranda Radar Ramadan sehat ramadan

Perawatan Gigi di Bulan Puasa

Drg Rini Lucksiana

Tanya

Perawatan Gigi di Bulan Puasa

Di bulan puasa biasanya sering timbul pertanyaan apakah boleh melakukan perawatan gigi? Hal ini menyebabkan orang ragu karena takut perawatan gigi membatalkan puasa. Lalu harus seperti apa dok ?

Jawab :

Menurut MUI dan beberapa ulama menambal gigi atau aktivitas semisalnya seperti mencabut gigi, tidak membatalkan puasa, selama tidak ada unsur yang tertelan dengan sengaja seperti obat atau darah.

Hal ini karena memasukkan sesuatu ke rongga mulut tidak termasuk aktivitas memasukkan sesuatu ketubuh hal yang bisa membatalkan puasa, karena tidak melewati mulut bagian dalam.

Beberapa perawatan yang dibolehkan dan tidak membatalkan puasa diantaranya

1. Pencabutan Gigi atau ekstraksi

Hal tidak membatalkan puasa. Begitu pula dengan tindakan yang menyertai pencabutan gigi yaitu pemberian obat anestesi berupa gel yang dioleskan di dalam mulut, disuntikkan, dan atau disemprotkan di sekitar gigi. Tindakan pemberian anestesi ini harus dilakukan dengan berhati-hati dan tidak berlebihan. Meskipun begitu, sekalipun ada yang tertelan, tetap tidak membatalkan puasa.

2. Scaling atau pembersihan karang gigi

Nah, bagi yang ingin melalukan pembersihan karang gigi agar tampil dengan senyum menawan di hari Lebaran, tidak perlu ragu, Karena proses berkumur dengan air atau obat antiseptik dalam tindakan pembersihan karang gigi tidak membatalkan puasa.

Apabila dilakukan dengan berhati-hati dan tidak berlebihan maka tidak membatalkan puasa sekalipun ada yang tertelan.

Terjadinya pendarahan selama pembersihan karang gigi tidak membatalkan puasa.

3. Penambalan gigi

Obat yang tertelan (tidak sengaja) selama proses penambalan gigi tidak membatalkan puasa jika dilakukan dengan berhati-hati dan tidak berlebihan. Begitu pula dengan bahan tambal sementara yang tertelan tidak membatalkan puasa.

4. Membuat cetakan gigi

Mungkin di antara kita yang baru menerima THR, ada nih yang ingin memanfaatkannya untuk membuat gigi palsu. Melakukan pencetakan gigi untuk pembuatan gigi palsu, karena tindakan ini tidak membatalkan puasa.

5. Pemasangan jaket gigi (crown), veneer, behel gigi, dan bleaching

Tindakan untuk memperbaiki tampilan gigi. Crown biasanya dilakukan untuk mengganti gigi yang sudah rusak atau berubah warna tanpa perlu mencabutnya.

Demikian penjelasan yang bisa saya berikan tentang perawatan gigi selama bulan puasa. Semoga tidak ada keraguan supaya kita tetap melakukan perawatan.

Baca Juga