Beranda Radar Ramadan Kolak Ramadan

Nasi Kunyit Ayam Pejantan Gugah Selera

BOGOR-RADAR BOGOR, Bosan berbuka dengan nasi putih atau nasi goreng? Kini, saatnya membuat nasi kunyit. Nasi kunyit bisa dinikmati dengan berbagai jenis olahan ayam, daging bahkan ikan. Untuk yang akan menyiapkan menu untuk berbuka, nasi kunyit ayam pejantan khas The Alana Sentul bisa jadi pilihan.

Nasi kunyit ayam pejantan di hotel bintang lima ini berbeda dengan tempat lain. Sensasi yang khas dan berbeda di menu tersebut, cocok dengan selera Anda, karena bumbu rempahnya yang khas sehingga membuat masakan ini terasa berbeda dengan nasi kunyit pada umumnya.

Nasi kunyit ayam pejantan khas Alana Hotel, bumbunya tajam dilengkapi juga irisan cabai merah. Tidak hanya rasa yang berbeda, disajikannya pun dengan irisan telur dadar. Serta lalapan seperti selada, tomat dan timun.

Untuk yang menyukai makanan pedas, dan belum cukup dari bumbu yang dihaluskan dan irisan cabai merah di masakan nasi kunyit ayam pejantan, bisa menambah dengan dua jenis sambal.

Sambal kecap atau terasi.

Bagi yang ingin menikmati menu tersebut tanpa harus memasak sendiri, bisa berbuka di Green Canyon The Alana Sentul. Dengan Rp170 ribu, sudah dapat berbuka sepuasnya dengan puluhan jenis makanan lainnya. F&B Director, Herik Kurniawan mengatakan, pilihan menu beragam, dari masakan nusantara hingga Asia.

“Ada 50 macam menu,” terang Herik Kurniawan kepada Radar Bogor, kemarin. Tidak hanya di Green Canyon Urban Dining, berbuka di The Alana juga tersedia Three Sixty Sky Lounge, pilihan yang tepat untuk berbuka. (mer/c)

Nasi Kunyit Ayam Pejantan

Bahan

  1. Ayam pejantan
  2. Beras ketan.
  3. Santan yang kental.
  4. Jahe
  5. Kunyit giling halus
  6. Merica
  7. Kemiri
  8. Bawang putih
  9. Bawang merah
  10. Garam secukupnya
  11. Air
  12. Daun pandan wangi.

Cara Memasak

Memasak Nasi Kunyit

  1. Cuci beras terlebih dahulu kemudian rendam di air.
  2. Kukus beras sampai setengah matang saja.
  3. Tuangi beras dengan santan kental dan garam secara perlahan.
  4. Lalu aron dan aduk rata bersama dengan daun pandan sampai santan meresap kedalam.
  5. Lalu kukus sampai matang sempurna.

Membuat Ayam Pejantan

  1. Giling halus, bawang merah, jahe, bawang putih, merica, kemiri dan sedikit garam, lalu sisihkan.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dalam rebus ayam.
  3. Setelah ayam matang, angkat dan diamkan.
  4. Ayam siap dipanggang dengan kawat pemanggang hingga matang.
  5. Hidangkan ayam panggang bersama dengan nasi kunyit tadi.

Tips : jangan terlalu banyak menggunakan kunyit, agar nasi tidak terasa pahit dan bau kunyit. Fungsi kunyit sebagai bahan pewarna untuk nasinya saja.

Baca Juga