25 radar bogor

Miring Hingga 70 Derajat, Jembatan Gugunung Rumpin Diperbaiki Swadaya

Jembatan Kampung Gugunung, Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin yang tengah diperbaiki oleh warga.

RUMPIN-RADAR BOGOR, Warga Kampung Gugunung, Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin harus memperbaiki jembatan yang nyaris ambruk lantaran dimakan usia.

Jembatan yang memiliki panjang 20 meter, dan lebar 1,5 meter tersebut diperbaiki secara swadaya masyarakat.

Warga dengan sukarela mengumpulkan donasi untuk perbaikan infrastruktur jembatan tersebut. Pasalnya, kondisi tiang penyangga yang terbuat dari batang bambu sudah keropos dan mengakibatkan jembatan miring hingga 70 derajat, sehingga warga tidak bisa melintasinya.

“Selama ini dari pemerintah belum memberikan bantuan berupa apapun untuk perbaikan,” kata Arsin (52), warga Desa Mekarsari kepada wartawan koran ini, kemarin.

Arsin mengatakan, kalau jembatan ini dibangun dengan baik kondisinya bisa dibilang layak, dan menjadi akses jalan alternatif mengarah ke Kecamatan Parungpanjang.

“Selama ini pengendara mobil banyak yang nyasar kesini kalau mengikuti arah Global Positioning System (GPS) atau penunjuk jalan pasti kesini, padahal tidak masuk roda empat hanya memang jalannya cukup lebar,” ucapnya.

Arsin berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan Gugunung ini dengan layak, agar masyarakat bisa melawatinya dengan nyaman dan tidak membahayakan bagi warga saat melintas.

“Sudah empat tahun kita secara swadaya melakukan perbaikan jembatan ini. Sumber dananya berasal dari kolektif warga sekitar kita juga menaruhkan kotak di jembatan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Kasi Ekonomi dan Pembangunan (ekbang) Kecamatan Rumpin, Nurul Ahyar mengungkapkan, pihaknya bakal memperjuangkan melalui Musrembang. Karena, aksesbilitas yang melewati jembatan cukup banyak sebagai alternatif menuju Parungpanjang.

“Kalau dari Kecamatan tentu sudah berupaya dan mendorong supaya segera direalisasi pembangunan jembatan,” cetusnya. (nal/c)