Beranda Radar Ramadan Kolak Ramadan

Tongseng Daging ala Djoeragan Resto

BOGOR-RADAR BOGOR, Agar tidak bosan, sajian menu berbuka selalu berganti dan bervariasi. Selain mempersiapkan tajil dan juga lauk pauk.

Salah satu lauk pauk yang bisa disiapkan untuk berbuka yakni tongseng daging sapi ala Djoeragan Resto, The 1O1 Suryakancana Hotel. Masakan Tongseng Daging Sapi ala Djoeragan Resto ini istimewa , nikmat dan lezat.

Karena rasa gurih dari daging yang begitu istimewa. Apalagi, diolah dengan bumbu dan rempah komposisi yang sesuai, maka tersajilah hidangan makin istimewa dan lezat.

Apalagi di tempat lain tongseng menggunakan daging kambing kalau di Djoeragan Resto menggunakan daging sapi. Hingga hidangan ini memberikan rasa dan selera berbeda bagi yang tidak terlalu senang dengan aroma dan rasa daging kambing yang terlalu kuat.

Apalagi dilengkapi dengan berbagai sayur makin melengkapi. Bisa ditemui sayur kol, sawi, irisan tomat dan bawang goreng makin spesial. Buat yang menyukai rasa pedas, bisa menambah sambal atau acar cabai.

Dimasak dengan rasa tidak terlalu pedas, agar seluruh keluarga terutama anak-anak dapat menikmati sajian menu diatas. Bisa disajikan dengan sayuran yang diolah tanpa kuah atau lalapan.

Marcom The 1O1 Suryakancana Hotel Bogor, Resti mengatakan tongseng daging ala Djoeragan Resto ini tersedia di sajian paket berbuka. “Ada di sajian di menu paket bukber,” terang Resti kepada Radar Bogor, kemarin. Ada 150 macam pilihan, termasuk tajil, makanan utama dan dessert serta minuman. (mer/c)

Tongseng Daging Sapi ala Djoeragan Resto.

Bahan

  1. Daging Sapi.
  2. Air
  3. Lengkuas (memarkan).
  4. Santan
  5. Sayur kol (potong-potong)
  6. Bawang merah (iris)
  7. Daun salam
  8. Cabai rawit hijau (iris)
  9. Merica bubuk
  10. Garam
  11. Gula pasir
  12. Kecap manis.
  13. Minyak goreng untuk menumis.

Bumbu yang Dihaluskan

  1. Jahe
  2. Bawang putih
  3. Kemiri (sangrai)
  4. Bawang merah
  5. Kunyit (bakar)
  6. Ketumbar (sangrai)

Bahan Pelengkap.

  1. Minyak goreng.
  2. Daun bawang (iris halus)
  3. Tomat (potong-potong)

Cara Membuat.

  1. Rebus daging dan diamkan hingga daging menjadi lebih empuk.
  2. Setelah daging empuk, angkat dan potong-potong daging seukuran kecil membentuk dadu.
  3. Lalu tumis bawang merah serta bumbu halus bersamaan dengan lengkuas, daun salam, serai sampai menjadi harum dan aromanya tercium.
  4. Selanjutnya masukkan bumbu tumisan kedalam rebusan daging.
  5. Masukan lagi bumbu garam, merica, kecap manis dan santan sambil diaduk-aduk untuk memastikan agar santan tidak menjadi pecah.
  6. Aduk hingga mendidih.
  7. Masukkan daging bersama dengan kol, sawi, cabe rawit, daun bawang dan juga tomat.

Cara Menyajikan

Setelah semua bahan dimasukkan, biarkan hingga kol sedikit matang. Kemudian angkat dan matikan kompor. Ambil mangkuk saji dan tuangkan tongseng yang sudah dimasak kedalam mangkuk atau piring saji yang sudah dipersiapkan.

Lalu sajikan bersama dengan pelengkap lainnya. Hidangkan nikmatnya tongseng daging ini bersama dengan keluarga maupun sahabat. Nikmatnya kuah tongseng dan gurihnya daging akan senantiasa membuat lidah dimanjakan.

 

Baca Juga