25 radar bogor

Meningkat, Tahun Ini PNS Bogor Diguyur THR Rp143 Miliar

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejak Jumat (24/5/2019) puluhan ribu pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemkab Bogor, bisa tersenyum lega. Pasalnya, Tunjangan Hari Raya (THR) yang dinanti-nati sejak lama sudah dicairkan pemerintah melalui rekening masing-masing PNS.

Dibandingkan dengan daerah lainnya, Pemkot Bogor dan Pemda Kabupaten Bogor lebih siap dari sisi pengelolaan keuangan untuk pembayaran THR para PNS-nya.

Khusus momentum Hari Raya Idul Fitri tahun ini, jumlah THR PNS Kota dan Kabupaten mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun 2018, komponen THR yang diterima berdasarkan gaji pokok, tahun ini komponennya bertambah.

95 Persen THR PNS Cair Hari Ini, Sri Mulyani : Bisa Diambil di Rekening Masing-masing

Diantaranya, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan fungsional, dan tunjangan umum. Sehingga total angka THR yang dicairkan mencapai Rp143 miliar. Rinciannya Rp78 miliar untuk ASN se-Kabupaten Bogor dan Rp65 miliar PNS Kota Bogor.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, anggaran THR Rp78 miliar akan langsung disalurkan kepada 17.078 PNS. “Untuk tunjangan PPH atau khusus dari komponen gaji sudah terealisasi sejak 22 Mei kemarin. Sedangkan tunjangan THR dalam proses pencairan hari ini (kemarin,red),” unkap Iwan kepada Radar Bogor, kemarin.

Sementara untuk pegawai honorer atau outsourcing di Bumi Tegar Beriman ini, pemberian tunjangan tergantung masing-masing Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

Termasuk jumlah nominal dan kapan tunjangan akan dicairkan. Menurut Iwan anggaran Rp78 miliar sudah akumulatif bagi seluruh ASN dan tenaga honorer , meskipun tidak ada alokasi khusus dari pemerintah pusat untuk para honorer.

“Kalau saya gini, kan mulai tahun depan ada penghapusan tenaga outsourcing dan diganti pegawai setara PNS. Nah kalau itu harus dapat. Nanti akan diatur oleh peraturan bupati,” kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor itu.

Sejak dulu dia berharap antara tenaga honorer bisa setara dengan PNS, supaya tidak terlalu timpang dari sisi pendapatan. Bahkan dia memastikan Idul Fitri tahun ini terakhir bagi para honorer tidak mendapatkan THR resmi dari pemerintah pusat.

Terpisah, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor Lia Kania Dewi mengatakan pemkot menyiapkan anggaran Rp65 miliar untuk THR PNS.

Pembayaran THR itu sudah termasuk dengan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. “Karena sekarang sudah transaksi non tunai. Jadi tinggal menunggu saja di rekeningnya masing-masing,” tutur dia.(dka/gal/c)

Berikut Total Dana THR Buat PNS Bogor:
Kota Bogor
Nilai : Rp65 miliar
Untuk : 7.176 PNS

Kabupaten Bogor
Nilai : Rp78 miliar
Untuk : 17.078 PNS