25 radar bogor

Tekendala Izin Jalan Masuk, Revitalisasi Pasar Parungpanjang Bakal Lama

Pasar Parungpanjang
Pasar Parungpanjang

PARUNGPANJANG-RADAR BOGOR, Rencana revitalisasi pasar Parungpanjang, yang berlokasi di Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor bakal memakan waktu lama.

Pasalnya, untuk proses pemindahan pedagang ke tempat penampungan sementara masih terkendala izin jalan masuk.

Seperti diketahui, untuk luas lahan pasar Parungpanjang sekitar 1,6 hektare yang nantinya bisa menampung 1.600 pedagang.

“Nantinya konsep pasar Parungpanjang bakal menjadi tiga lantai dengan parkiran berada di lantai atas. Dan sampai saat ini pasar belum punya standar nasional Indonesia. Makanya, kita targetkan sudah memiliki SNI,” kata Kepala Unit Pasar Parungpanjang Muhamad Iqbal ketika dikonfirmasi Radar Bogor, kemarin

Iqbal juga menambahkan, berdasarkan perencanaan bangunan pasar Parungpanjang bakal memiliki basement, dan dua lantai lagi diisi untuk pedagang lain sehingga kemungkinan pasar dibangun tiga lantai.

“Untuk pembangunan kita serahkan ke pihak ketiga dari PT Cipta Bayu Utama, dan nanti parkir motor ada dilantai atas, supaya pedagang kebagian konsumen. Ketika sudah SNI harus lebih baik dari sisi pengelolaan pelayanan dan lebih rapi lagi,” ujarnya.

Iqbal juga mengaku, terkait pemindahan lahan untuk penampungan sementara sistemnya sewa selama dua tahun dengan estimasi revitalisasi yang dilakukan.

“Proses pemindahaan masih ada kendala di jalan ada sedikit molor, karena lagi ngurus izin ke Polda Jabar dulu dan izinnya sudah disetujui tinggal nunggu tembuasan suratnya saja. Dan memang untuk keseluruhan kondisi pasar sangat tidak layak,” tuturnya.

Ia menambahkan, tujuan membangun pasar tersebut agar PKL tidak ada lagi diluar dan pedagang sudah memiliki kartu kuning berhak masuk.

“Kurang lebih 1.600 pedagang dan ada binaan kita punya kartu kuning yang berdagang diluar area pasar Parungpanjang,”tambahnya

Sementara itu, Humas PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor Isni Jayanti menjelaskan, nantinya disain pasar berbeda dengan pasar yang lainnya selain parkir motor yang berada diatas pasar tersebut nantinya ada arena bermain.

“Mungkin untuk di Kabupaten Bogor baru pertama khusus pasar Parungpanjang yang dikelola oleh PD Pasar Tohaga. Selain itu, kita juga berencana menarik pedagang yang diluar untuk mengisi kios didalam pasar nantinya,” tukasnya.(nal/c)