25 radar bogor

Respons Striker Naturalisasi Madura United Harus Geser Posisi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kualitas Alberto ‘Beto’ Goncalves sebagai striker tentu sudah tak perlu diragukan. Dia selalu meramaikan persaingan gelar top skorer Liga 1 setiap musimnya. Namun, Beto baru sekali sukses menyambet gelar top skorer pada ISL 2011-2012 dengan total 25 gol.

Nah, musim ini bersama Madura United, Beto mendapat tugas anyar. Bukan menjadi target man seperti spesialisasinya. Melainkan sedikit bergeser ke belakang sebagai second striker. Itu karena pelatih Madura United, Dejan Antonic memilih menempatkan Aleksandar Rakic sebagai striker murni.

Bergeser sebagai second striker tak mengurangi ketajaman Beto di depan gawang lawang. Itu terbukti ketika Madura United melibas Persela Lamongan 5-1 di Stadion Surajaya, Lamongan (17/5). Beto sukses menyumbangkan dua gol dan satu assist.

”Tidak ada masalah saya ditempatkan sebagai second striker. Saya jadi lebih bisa leluasa bergerak. Karena sebenarnya saat menjadi target man saya juga sering turun untuk cari bola,” kata Beto.

Di sisi lain musim ini Beto mengaku tak mematok untuk menyabet gelar top skorer. Namun, pemain yang pernah merumput bersama Sriwijaya FC tersebut memiliki target pribadi. ”Setiap tahun saya selalu menargetkan bisa cetak minimal 20 gol,” ujarnya.

Tentu Beto sangat berambisi mewujudkan target pribadinya tersebut. Sebab musim lalu, pemain berusia 38 tahun tersebut gagal mencetak 20 gol. Dia hanya menyumbangkan sebelas gol, sebab musim lalu Beto beberapa kali harus meninggalkan tim untuk memperkuat Timnas Indonesia.

”Harus kerja keras. Harus tambah latihan. Ketika libur tetap harus latihan sendiri di rumah. Dan yang paling penting adalah motivasi. Saya punya keluarga dan mereka motivasi saya untuk berikan yang terbaik di setiap pertandingan,” tutur Beto. (JPG/magang-hanifah)