25 radar bogor

Bayar Zakat Rp1 Juta, Bima Ajak ASN Ikut Melaksanakan Kewajibannya

Walikota Bogor, Bima Arya melakukan kewajibannya membayar zakat maal, Rabu (22/5/2019). Foto Adi/pojokbogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebagai umat muslim, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan kewajibannya membayar zakat kepada Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor, Rabu (22/5/2019).

Pembayaran sendiri dilakukan di halaman Balaikota Bogor. Sesuai aturan, dalam pembayaran zakat, Bima membayar zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilannya.

Selain Bima, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim juga melakukan kewajibannya dengan membayar zakat. Dedie Sendiri membayar zakat maal sebesar Rp1,5 Juta. “Tadi saya bayar zakat maal sesuai kemampuan saya, saya bayar Rp1 juta,” kata Bima Kepada wartawan seusai melakukan pembayaran zakat.

Bima mengungkapkan, dalam pembayaran zakat maal, khususnya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dibuatkan Peraturan Wali Kota (Perwali). Rencananya, Perwali tersebut akan ditandatangani pada minggu depan.

“Nanti juga kita akan kerjasama dengan bank, sehingga bisa langsung dipotong gaji ASN yang beragama Islam. Karena ini salah satu rukun Islam yang harus kita kuatkan,” ujarnya seperti dikutif dari pojokbogor.id.

Selama ini, kata dia, memang belum karena baru sebatas imbauan. “Tapi, kita ingin maksimalkan lagi. Kenapa? karena APBD kan terbatas, sedangkan kita banyak kebutuhan untuk pemberdayaan umat. Seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), fakir miskin, anak terlantar hingga UMKM juga,” ucapnya.

Bima menambahkan, potensinya jika ASN membayarkan zakat maal secara rutin setiap bulan, maka yang didapatkan sekitar Rp9 miliar sampai Rp11 miliar per tahunnya.

Maka rata-rata per bulannya sekitar Rp900 jutaan sampai Rp1,1 miliar. “Saya berharap bisa dikelola dengan baik, disalurkan kepada yang berhak secara transparan semuanya. Kan nanti ada pertanggungjawaban semuanya,” pungkasnya.(adi/ps/pin)