Beranda Radar Ramadan sehat ramadan

Puasa Selama Hamil

Oleh : Dokter Elsina K. Pieterz, SpOG

Tanya :

Puasa Selama Hamil

Bu dokter, bagaimana menjaga kesehatan janin dan kandungan selama berpuasa ?

Ninik (Bogor)

Jawab :

Menjalani puasa dengan nyaman selama hamil dapat disiasati dengan melakukan upaya-upaya sebagai berikut:

  • Usahakan untuk berstirahat lebih banyak dan mengurangi stress karena wanita hamil yang berpuasa mempunyai kadar hormon kortisol dalam darah yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak berpuasa
  • Hindari aktivitas fisk berlebihan dibawah sinar matahari yang dapat menyebabkan ibu dehidrasi
  • Tetap melakukan olahraga ringan mendekati waktu berbuka sehingga badan tetap dalam kondisi fit

Bijak memilih menu saat berbuka

Ibu hamil yang berpuasa harus benar-benar memperhatikan nutrisi yang terkandung pada asupan yang dipilihnya. Saat sahur dan berbuka puasa ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bervariasi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat sahur dan berbuka puasa:

  • Tetap rutin mengkonsumsi vitamin hamil selama berpuasa
  • Pastikan tidak melewatkan waktu sahur
  • Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur, buah-buahan, dan biji-bijian (gandum, oatmeal) untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien sekaligus mencegah konstipasi
  • Pilihlah asupan dari karbohidrat kompleks karena tidak mudah terurai sehingga bertahan lebih lama dan membuat kita tidak mudah lapar, misalnya nasi merah, nasi hitam atau roti gandum utuh.
  • Hindari makanan dengan kadar gula tinggi yang akan menaikan kadar gula dengan cepat dan turun dengan cepat pula. Makanan tersebut menyebabkan ibu hamil cepat lapar, lemas, dan seperti ingin pingsan.
  • Untuk memastikan pertumbuhan janin baik, pastikan menu sahur dan berbuka dilengkapi dengan makanan tinggi protein, seperti daging dan kacang-kacangan
  • Sebelum tidur malam, usahakan untuk mengkonsumsi makanan kecil atau snack yang menyehatkan seperti puding buah.
  • Cukupi kebutuhan cairan minimal 2 liter perhari, hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, karena kafein akan membuat tubuh lebih cepat jatuh dalam kondisi dehidrasi.

Baca Juga