Beranda Radar Ramadan Lensa Ramadan

Buka Bersama Lintas Agama di Katedral, Saling Berbagi dalam Perbedaan

Para tokoh agama dan masyarakat foto bersama usai buka bersama di Gedung Paroki BMV Katedral Bogor, kemarin.

BOGOR – RADAR BOGOR, Sejumlah unsur, tokoh agama dan masyarakat dari berbagai kalangan di Kota Bogor buka bersama (bukber) di Gedung Paroki BMV Katedral Bogor, kemarin.

Bukber lintas agama ini merupakan salah satu cara untuk membuat Bogor kondusif serta memperkuat silaturahmi antar pemeluk agama.

Beberapa tokoh hadir, seperti Ketua Basolia Zaenal Abidin, Uskup Bogor MGR Paskalis Bruno Syukur OFM, Ketua Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan Keusukupan Bogor Romo Endro, Ketua MUI Kota Bogor KH Mustofa Abdullah Bin Nuh, CEO Radar Bogor Grup Hazairin Sitepu, Vikaris Jendral Keusukupan Bogor Romo Paulus Haruna, Vikaris Judisial Keuskupan Bogor Romo Yohanes Deriyanto, Ketua GP Ansor, Gusdurian, Komunitas Bogor Sahabat, beserta karyawan Katedral yang beragama muslim dan karyawan Keuskupan Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, acara ini menjadi contoh dan bisa mempersatukan semua unsur, tidak membedakan, semuanya sama. Tentunya harus bisa dijaga dengan baik, agar terjalin silaturahmi antar umat.

“Yang jelas Pemkot Bogor mengapresiasi kegiatan ini, di mana yang hadir semua unsur sehingga mampu menjaga kerukunan dan menjaga Kota Bogor aman kondusif,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Ketua Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan Keuskupan Bogor Romo Endro. Romo Endra mengatakan, acara ini diinisiasi umat Katolik dari Gereja Katedral Bogor dan mengundang semua unsur sampai pedagang di area gereja.

“Yang hadir di tempat ini ada pedagang kaki lima, tukang becak, satpam bank dan juga Muspida, yang dihadiri kelompok masyarakat seperti Basolia, GP Ansor dan kelompok lainnya,”jelasnya

Ia menambahkan bahwa acaranya sudah kedua kali, hanya dulu difokuskan kepada PKL dan tukang parkir. “Sekarang diperluas lagi dengan kelompok lain dan ini sebagai contoh untuk mempererat, diteladani lagi betapa pentingnya melakukan kebersamaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Bogor Mustofa menuturkan, kegiatan ini sangat membahagiakan, menggembirakan, karena rumah besar NKRI ini hanya bisa dijaga keutuhannya dengan kerukunan umat bergama.

\“Adanya acara ini, walaupun sederhana tapi efeknya luar biasa, jangan sampai kita mau dipecah belah dan harus bisa memperat silaturahmi antar umat bergama,” pungkasnya. (nal/c)

Baca Juga