25 radar bogor

Wisata Gunung Batu Sukamakmur Makin Rusak, Wisatawan-Pendaki Mengecam

Kondisi Gunung Batu makin memprihatinkan karena banyaknya penambangan liar.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Aksi penambangan batu tanpa izin di Kawasan wisata Gunung Batu, Desa Sukaharja menuai kecaman dari berbagai pihak. Tak hanya warga sekitar, protes dilontarkan para pendaki dan wisatawan.

Dani Ibrahim (29) salah satu wisatawan asal Kota Bekasi mengaku, prihatin dengan kondisi wisata di Gunung Batu. Padahal, menarik bagi para pendaki pemula.

“Dulu sangat indah, bahkan sudah dikenal para pendaki se-Jabodetabek. Tapi, saya lihat kini sudah sangat rusak,” katanya, kemarin.

Hal senada dikatakan Muhamad Fajriansyah (30) pendaki asal Desa Wanaherang, Kecamatan Gunungputri. Keasrian dan keindahan gunung batu mulai pudar oleh banyaknya penambangan liar.

“Setiap bulan, saya selalu ke sini untuk mengenang sahabat saya yang meninggal karena terjatuh di puncak gunung. Tapi sekarang, sekelilingnya sudah habis penambang liar,” ujar pria bertato di lengan kananya itu.

Salah satu pengelola Gunung Batu Firman mengaku, hampir semua pendaki yang mengeluhkan kondisi kawasan saat ini.

“Kami hanya bisa memberi tahu saja bahwa itu karena adanya penambangan liar. Saat ini warga terus berjuang untuk menutup tambang liar tersebut dengan petisi,” akunya.

Kepala Desa Sukaharja, Atikah menuturkan, Gunung batu merupakan destinasi wisata satu satunya di wilayahnya dan akan terus berusaha untuk menjaga aset itu.

“Kita bersama dengan warga akan mencoba menjaga potensi ini,” pungkasnya. (all/c)