Beranda Radar Ramadan sehat ramadan

Puasa bagi Penderita Stroke

Dr Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA (RS EMC Sentul Bogor)

Tanya :

Puasa bagi Penderita Stroke

Ayah saya mengalami stroke sebelah badannya, apakah boleh berpuasa ? Lalu bagaimana menjaganya agar tidak kambuh tapi tetap bisa beribadah dengan lancar.

Andika (Curugmekar)

jawab :

Pada prinsipnya puasa dibulan ramadhan sangatlah baik dampaknya bagi kesehatan jantung. Dengan berpuasa kita harapkan kadar kolesterol dalam darah menurun, kadar gula darah turun, kondisi tubuh yang tenang. Terkait apabila boleh berpuasa atau tidak bagi penderita penyakit jantung, sebaiknya sebelum ini ditanyakan dulu kepada dokter jantungnya. Kita tahu penyakit jantung ini banyak jenisnya seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung katup, penyakit jantung akibat hipertensi, gagal jantung dll.

pada hampir sebagian besar penyakit jantung tidaklah ada larangan untuk melakukan puasa, tetapi pada sebagian lain puasa tidak kita anjurkan. Sebagai contoh pada pasien gagal jantung yang berat, dimana kondisinya sangat sesak dan membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut. Tetapi pada kesimpulannya, sebaiknya pasien menanyakan dahulu kepada dokter jantungnya terkait boleh atau tidaknya berpuasa bagi penderita penyakit jantung.

sekian terimakasih. Semoga dapat membantu pertanyaan dari bapak iwan. (*)

Baca Juga