25 radar bogor

Prediksi Barito Putera vs Persija Jakarta: Berharah Tuah 17 Mei

JAKARTA-RADAR BOGOR, Barito Putera melakoni laga pekan pertama Liga 1 2019 dan langsung melawan sang juara bertahan Persija Jakarta, Senin (20/5) malam WIB.

Berdasar itu, Persija bisa menjadi batu sandungan Barito Putera untuk meraih tiga poin perdana. Terlebih dengan status juara bertahan yang diemban sang tamu bisa menjadi modal positif pasukan Ivan Kolev memulai liga dengan kepercayaan diri tinggi.

Hanya saja, Laskar Antasari – julukan Barito Putera, memiliki motivasi tinggi karena bermain di kandang sendiri, Stadion 17 Mei Banjarmasin. Tim asuhan Jacksen F Tiago itu berharap tuah 17 Mei kembali muncul saat menjamu Macan Kemayoran.

Bukan apa-apa, dari tiga perjumpaan terakhir menghadapi Persija di Stadion 17 Mei, Barito Putera selalu menang. Itu terjadi di ISC 2016, Liga 1 2017, dan Liga 1 2018. Itu artinya, 17 Mei punya tuah tersendiri bagi Barito Putera saat menghadapi Persija.

Barito Putera juga tengah melakoni tren positif dalam lima laga terakhir di semua ajang. Mereka sedikit lebih unggul karena hanya menelan dua kali kekalahan dari PSS Sleman di ajang Piala Indonesia dan Arema FC di pentas Piala Presiden 2019.

Dengan persiapan yang ada, Jacksen mengatakan bahwa timnya sudah siap untuk memulai kompetisi ini. Terlebih baginya persiapan berjalan cukup lancar. Empat bulan persiapan yang dilakukan dirasa lebih dari cukup untuk kembali berkompetisi.

“Empat bulan persiapan kami, dalam beberapa hari terakhir kami juga sudah menyiapkan strategi melawan Persija. Semua berjalan lancar meski ada beberapa pemain yang absen kami masih optimistis,” terang Jacksen seperti dilansir Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Memang dalam laga perdana Liga 1 2019 kali ini, Barito kemungkinan besar tidak bisa diperkuat dua pemain andalannya yakni Rafi Syarahil dan Gavin Kwan Adsit yang masih dibekap cedera. Selain itu, nama Nazarul Fahmi pun juga masih diragukan bisa tampil.

“Selain tiga pemain tersebut, kami masih mempunyai pemain lain yang siap. Saya rasa tidak masalah,” pungkasnya.

Pasalnya untuk menggantikan posisi Rafi, Jacksen masih memiliki beberapa opsi seperti Paulo Sitanggang, Bayu Pradana hingga legiun asing asal Brasil, Lucas Silva.

Sementara itu Persija juga berada dalam kepercayaan diri tinggi setelah sukses memenangkan laga terakhir di ajang AFC Cup 2019 kontra Shan United dengan skor telak 6-1. Kemenangan tersebut seakan membalas kegagalan mereka meraih kemenangan sejak pertengahan Maret lalu.

Pelatih Persija, Ivan Kolev tak risau meski timnya punya catatan buruk timnya ketika bermain tandang melawan Barito Putera. Kolev lebih memilih untuk fokus mencari cara agar rekor buruk tersebut terhenti saat kedua tim bertemu malam nanti. Catatan buruk tersebut menjadi motivasi Persija untuk tampil maksimal melawan tuan rumah.

Lebih dari itu, Barito Putera juga selalu tampil maksimal bila bermain di depan ribuan suporternya. Apalagi ini pertandingan perdana yang tentu saja membuat Barito Putera termotivasi mengalahkan Persija.

“Kami harap para pemain tak memikirkan statistik pertemuan di markas Barito Putera. Anak-anak fokus untuk bermain bagus dan hasilnya juga bagus,” ucap Kolev.

Lebih lanjut, Kolev mengatakan pertandingan perdana memang sangat berat bagi semua tim termasuk Persija. Persija juga mendapatkan tekanan dari pendukungnya yang harus tampil lebih baik karena merupakan juara bertahan. “Pastinya setiap laga ada beban itu biasa apalagi ini pertandingan pertama kami di Liga 1 2019,” Pungkas Kolev. (JPG/magang-hanifah)