Beranda Radar Ramadan Kolak Ramadan

Legitnya Nasi Tutug Oncom

BOGOR-RADAR BOGOR, Di bulan Ramadan tahun ini, Edelweiss Restaurant Hotel Santika Bogor menawarkan menu menarik bagi para penikmat kuliner. Khususnya dengan menu-menu khas Indonesia, tapi melalui penyajian yang modern.

Chef andalan Edelweiss Restaurant menghadirkan menu yang sangat menonjol dan lekat dengan citarasa tradisional khas sunda, Nasi Tutug Oncom. Seperti nasi liwet, hanya diberi tambahan oncom yang legit dan gurih. Disajikan dengan pilihan ayam bakar atau ayam goreng bumbu dengan keempukan daging yang sangat pas.

Tak lupa hidangan ini disajikan dengan tumisan daun pepaya. Sayur ini memiliki citarasa khas gurih dan pedas pula yang melengkapi rasa saat berbuka. Teknik pemasakan yang baik, membuat daun pepaya tidak hanya tetap terjaga warna hijaunya saja, untuk rasa yang biasanya pahit dan di Edelweiss tidak terasa pahit sama sekali.

Makan semakin nikmat, nasi dan lauk yang disajikan memiliki citrarasa yang sama. Selain menu tersebut ada juga Lempah Nanas Ikan Tude, yang menghadirkan citarasa asam dari kelembutan ikan kembung, yang diberi segarnya kuah nanas dan juga Daging Sapi Saus Rosemary yang menonjolkan citarasa western.

Tak lupa, sajian menu minuman segar seperti Layer Of Heaven yang berbahan dasar buah naga yang manis, lalu Passion Maker yang memadukan rasa jus mangga dan segarnya buah mentimun dan perasan jeruk nipis, sangat pas menjadi pelengkap santap berbuka.

Menu makanan tersebut bisa dinikmati hanya dengan merogoh kocek di Rp100 ribu /nett per porsi dan Rp45 ribu/nett pergelas untuk menu minuman. Nikmati pula Paket Buka Bersama yang ditawarkan selama periode Ramadan.

Variasi menu takjil yang ditawarkan sangat menarik terdiri dari macam gorengan, rebusan, kue tradisional, minuman dingin dan hangat hingga sajian internasional.

Ditemani view kota Bogor di malam hari. Sebagai hiburan bagi tamu, Edelweiss Restaurant menyediakan live music bertemakan religi khusus di hari Jumat, Sabtu dan Minggu untuk menemani jam berbuka para tamu.

“Sensasi live cooking oleh Executive Chef, akan menambah keseruan berbuka puasa,” ujar Executive Secretary in Charge in Charge public Relation Hotel Santika, Irina Adelia Kusuma. (mer/c)

Nasi Tutug Oncom

Bahan 1 (nasi tutug oncom)
1. Nasi putih
2. Oncom
3. bumbu merah
4. kemangi
5. daun pisang

Bahan 2 (ayam goreng)
1. ayam
2. bumbu kuning (tersedia bumbu siap)
3. minyak goreng
4. lengkuas
5. jahe
6. daun salam
7. daun jeruk

Bahan 3 (sayur bunga dan daun pepaya)
1. bunga dan daun pepaya
2. bawang merah dan putih
3. cabai merah
4. ikan tongkol suwir

Cara Membuat

Tahap I
1. Nasi telah matang, dicampur dengan oncom, bumbu merah, daun kemangi.
2. Setelah teraduk merata, bungkus dengan daun pisang.
3. Nasi yang sudah dibungkus siap dibakar

Tahap 2
1. Bersihkan ayam, potong sesuai selera
2. Siapkan bumbu kuning, jahe, daun salam dan daun jeruk.
3. Bumbu merata, aduk dengan ayam.
4. Ayam siap diungkap.
5. Ayam matang, tiriskan
6. Setelah dingin, panaskan minyak, ayam siap digoreng.

Tahap 3
1. siapkan bunga dan daun pepaya
2. iris bawang merah dan putih serta cabai merah
3. panaskan minyak goreng, lanjut tumis bumbu.
4. setelah harum, masukkan daun dan bunga pepaya.
5. sayur layu dan harum, masukkan suwiran ikan tongkol.

Tahap 4
Menu siap dihidangkan

Baca Juga