Beranda Radar Ramadan Jelajah Religi

Galakkan Kepedulian di Lingkungan Sekitar

REGI/RADAR BOGOR
PEDULI: Perwakilan SMPIT Al Hidayah menyerahkan paket sembako kepada perwakilan duafa, bersama ratusan penerima lainnya.

BOGOR-RADAR BOGOR,Kegiatan sosial yang dilakukan, salah satunya dengan berbagi ma­kanan atau paket sembako ke kaum duafa dan puluhan anak yatim. Kegiatan dengan tema tebar pangan itu berlangsung sejak 4 Mei lalu.

Rencananya, akan terus dilakukan hingga akhir ramadan dengan berbagai rangkaian kegiatan lainnya. Saat itu, sebanyak 150 paket sembako di­berikan kepada ratu­san warga duafa dan anak yatim.

Bukan cuma itu, rang­kaian kegiatan se­kolah dengan sis­tem boarding school ini, di antaranya ifthor jemaah, takjil on the road, penerimaan dan penyaluran zakat fitrah di akhir bulan Ramadan bertepatan me­nyambut hari raya nanti.

Kepala SMPIT Al Hidayah, Muham­mad Sodik mengatakan, dalam wak­tu dekat kegiatan yang dilaku­kan yak­ni iftor jemaah. Para santri me­lak­sa­na­kan buka bersama de­ngan berkeliling di masjid sekitar wila­yah sekolah. ’’Targetnya itu ada tiga masjid. Kita mulai hari ini un­tuk ifthor je­maah di Masjid Al Fa­lah,” im­buhnya.

Kemudian, kata dia, ifthor jemaah akan ditutup dengan kegiatan buka ber­sa­ma di masjid se­kolah yang renca­na­nya, turut meng­hadir­kan sejumlah tokoh masyarakat, aparatur desa, dan komite yayasan sekolah.

Lebih lanjut, ke­giatan takjil on the road akan dilakukan hingga akhir bulan Ramadan, seminggu sebelum para santri akan mendapatkan libur hari raya. Targetnya, takjil yang tersedia itu akan diberikan cuma-cuma untuk siapa saja yang ingin merasakan takjil.

Keseluruhan kegiatan takjil on the road ditangani siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) sebagai pengurus kegiatan tersebut. Tidak sampai di situ saja, SMP IT Al Hidayah juga memper­silakan masyarakat untuk melakukan iktikaf di masjid sekolah.

Sodik menambahkan, keseluruhan kegiatan di bulan suci Ramadan dimaksudkan agar para santri, pihak sekolah juga masyarakat sekitar dapat membangun hubungan baik. ’’Yang dekat menjadi lebih dekat lagi dengan adanya beberapa ke­giatan tersebut,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bagian Ke­siswaan, Reno Saputra mema­parkan, pihak sekolah juga membuka penerimaan dan penyaluran zakat fitrah. Nantinya, masyarakat yang ingin berzakat fitrah akan didata dan hasil zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada yang berhak.

Terkait persiapan kegiatan-kegiatan tersebut, Reno mengungkapkan, adanya kendala pada sisi biaya. Kendati begitu, Reno mengaku bawa biaya lebih banyak didapatkan dari orang tua para murid yang antusias mendengar adanya kegiatan positif semacam ini.

’’Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Saat ini siswa Al Hidayah ada 83 santri. Memang daya tampung kami hanya cukup segitu,’’ ungkapnya.

Selain itu, dia berharap dengan adanya kegiatan sosial pihak seko­lah dan masyarakat dapat mem­ba­ngun tali silahturahmi. Juga, lanjut dia, untuk para santri dapat lebih meningkatkan rasa kepedulian antar sesama. ’’Kalau dilihat memang ada kecanggungan masyarakat de­­ngan pihak sekolah. Jadi kita sengaja buat kegiatan-kegiatan tersebut agar terjalinnya kedekatan dari ke­dua pihak,” pungkasnya.(cr1/c)

Baca Juga