25 radar bogor

WhatsApp Disusupi Spyware Israel, Pengguna Diminta Segera Update

Ilustrasi WhatsApp
Fitur baru WhatsApp

BOGOR-RADAR BOGOR, Pengguna WhatsApp mesti ekstra waspada. Pasalnya sejak awal pekan ini dikabarkan ada celah yang rentan pada WhatsApp untuk kemudian dimanfaatkan oleh salah satu spyware dari Isreal.

Spyware masuk melalui fitur call pada Whatsapp. Imbasnya, penjahat atau peretas bisa mengambil alih sistem operasi pada android maupun iOS di smartphone yang digunakan.

Chairman lembaga riset keamanan siber CISSReC, Pratama Persadha mengatakan meskipun WhatsApp mengkalim kasus ini hanya terjadi pada pengguna tertentu yang memang telah menjadi target. Namun kewaspadaan harus tetap ditingkatkan.

“Sebagai pengguna sudah semestinya berhati-hati ketika melakukan komunikasi. Kasus penyusupa spyware pada WhatsApp menunjukan bahwa aplikasi pesan instan paling populer di dunia ini memiliki celah keamanan yang dapat ditembus,” ujar Pratama dalam rilis yang diterima radarbogor.id.

WhatsApp meminta para penggunanya agar melakukan peningkatan versi aplikasi (update) sesegera mungkin, agar peretas tak bisa masuk ke telepon seluler (ponsel) mereka.

Ilustrasi Whatsapp Video Call Grup

Saat ini, versi terbaru WhatsApp untuk ponsel Android adalah seri 2.19.134, yang diperbarui perusahaan pada 11 Mei 2019.

Adapun daftar WhatsApp yang rentan disusupi spyware adalah WhatsApp for Android sebelum versi terbaru 2.19.134, WhatsApp Business for Android sebelum versi terbaru 2.19.44, WhatsApp for iOS sebelum versi terbaru 2.19.51, WhatsApp Business for iOS sebelum versi terbaru 2.19.51, WhatsApp for Windows Phone sebelum versi terbaru 2.18.348, WhatsApp for Tizen sebelum versi terbaru 2.18.15

(ysp)