25 radar bogor

Siapkan SMPN 5 ke LSS Nasional

BOGOR–RADAR BOGOR,Jelang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional 2019, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, menggelar rapat evaluasi dan persiapan di ruang Paseban Sri Bima, Kompleks Balai Kota Bogor, Senin (13/5).

Ade Sarip meminta LSS jangan hanya sekadar ajang mengejar juara. Lebih dari itu, LSS bagi Kota Bogor harus menjadi basis untuk kepentingan memper­siapkan Kota Bogor sebagai kota yang sehat.

’’Ketika program ini disanding dengan pendidikan, akan jauh lebih masif dipahami oleh masyarakat. Informasinya menyebar, menjadi karakter dan suatu saat akan terwujud masyarakat yang sehat mulai dari lingkungan sekolah,” ungkap Ade Sarip.

Sedangkan, predikat juara dalam LSS ini merupakan bonus bagi Kota Bogor untuk menarik tamu dari daerah lain untuk berkunjung.

’’Contoh ketika tahun kemarin TK Akbar juara LSS tingkat nasional. Sekian banyak daerah datang ke Kota Bogor hanya untuk berkunjung dan melihat bagaimana upaya menjadikan TK yang sehat demikian juga lingkungannya. Jadi hal itu berdampak pada kunjungan tamu ke Kota Bogor,” terangnya.

Dirinya menambahkan, saat ini Kota Bogor tengah mempersiapkan SMP Negeri 5 melaju ke tingkat nasional. SMP Negeri 5 Bogor tahun lalu menjadi juara I LSS tingkat Provinsi Jawa Barat.

Melalui rapat ini Ade ingin mengecek seluruh SKPD yang terlibat dalam tim. Semua diminta untuk aktif menginven­tarisir kekurangan. Nanti SKPD mengin­tervensi agar nantinya tidak ada lagi hal yang kurang tentang sekolah sehat. ’’Minimal tri-UKS bisa berjalan. Pertama kaitan dengan pendidikan. UKS harus ditingkatkan di sekolah oleh guru kepada para siswa termasuk guru-guru yang lain. Kedua, pelayanan kesehatan dan ketiga lingkungan,” jelasnya.

Terkait lingkungan seputar sekolah, Ade meminta camat, lurah dan Satpol PP berperan. ’’Lingkungan seputar SMP Negeri 5 jangan sampai ada kawasan yang kumuh dan menjual rokok,” beber dia.

Rapat evaluasi dan persiapan LSS tingkat nasional dihadiri Asisten Umum Setdakot Bogor Dody Achdiyat, Kepala Bappeda Erna Hernawati, Kabag Adkesra Iman dan perwakilan dari OPD serta organisasi terkait.(*/ran)