Beranda Metropolis

Ini Langkah Dinkes Kota Bogor Cegah Wabah Cacar Monyet

Seorang anak yang terkena monkeypox menerima perawatan di pusat Doctor Without Borders di Republik Afrika Tengah pada 18 Oktober 2018. (AFP/Channel News Asia)

BOGOR-RADAR BOGOR, Adanya wabah  cacar monyet (monkeypox) yang diderita satu warga negara Nigeria di Singapura membuat sejumlah negara meningkatkan kewaspadaan.

Dinkes Kota Bogor melalui Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Surveilans (P3MS), Sari Chandrawati membenarkan bahwa isu tersebut sudah tercium dilimgkungan dinas.

Wabah Virus Cacar Monyet, Ini Imbauan Dinkes Kota Bogor

Sebagai bentuk antisipasi awal, pihaknya juga turut melakukan sosialisasi ditingkat Puskemas, melalui Kepala Puskesmas.

“Kami dari Dinkes memiliki surveilans, demikian pula pada tingkat puskesmas, tugas survei adalah melalukan pengamatan terhadap gejala penyakit yang mengarah kepenyakit, terutama penyakit yang menimbulkan wabah. Yang melakukan pengamatan adalah semua nakes (tenaga kesehatan, red) yang terlibat dalam pemberi pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Mengenai penyakit itu, Sari menerangkan, sumber virus tersebut muncul dari hewan yang berasal dari Afrika.

Meski saat ini belum ada vaksin untuk mencegah wabah tersebut, Sari menghimbau kepada warga agar tidak panik dan tetap menjaga daya tahan tubuh masing-masing agar terhindar dari virus cacar monyet tersebut. (cr2/c)

Baca Juga