Beranda Radar Ramadan Kolak Ramadan

Icip-icip Pepes Ikan Kemangi

BOGOR-RADAR BOGOR, Agar selera makan meningkat saat berbuka, tak ada salahnya untuk mencoba menu yang berbeda dan di luar rumah. Salah satunya, berbuka puasa di Kapulaga Resto, Whiz Prime Pajajaran Bogor.

Dari belasan menu yang tersedia, satu di antaranya spesial, yang mungkin tidak ada di tempat lain. Yakni pepes ikan kemangi kukus. Chef Agus menuturkan, pepes ikan kemangi kukus yang tersedia di Kapulaga berbeda.

Tidak hanya penyajian yang berbeda, proses dan tampilannya juga berbeda. Sebelum dikukus, ikan ditumis dengan bumbu-bumbu serta berbagai daun sebagai bumbu pelengkap.

Setelah harum, angkat dan ikan dibungkus dengan daun pisang. Daun layu, diangkat. Tak perlu menunggu lama, ikan dikeluarkan dari bungkusan daun pisang. Tumis dan tambahkan air sebagai kuah.

Menunggu air mendidih, bisa tambahkan lada, garam dan gula sebagai pengganti penyedap rasa. Pepes ikan kemangi kukus ini baik untuk kesehatan, menggunakan minyak hanya untuk menumis bumbu.

Harum daun kemangi bisa menggugah selera makan saat berbuka. Daging ikan yang lembut, bumbu meresap sampai bagian dalam ikan bisa menjadi pertimbangan memilih menu ini.

Karena pengolahan khusus, ditambah bumbu, amis ikan tidak terasa. Dipastikan semua menyukai. Jenis ikan bisa apa saja, sesuai dengan selera atau stok ikan di rumah.

Hanya bagi yang enggan memasak sendiri, bisa berbuka di Kapulaga Resto Whiz Prime Pajajaran Bogor dengan harga cukup terjangkau. Harga Rp90 ribu/orang dan makan sepuasnya. Berlaku selama Ramadan. (mer/c)

Pepes Ikan Kemangi Kukus

Bahan

  1. Ikan segar
  2. Lada
  3. Garam
  4. Gula
  5. Minyak goreng

Bumbu Dihaluskan

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Kemiri
  4. Jahe
  5. Kunyit

Bumbu Diiris

  1. Daun bawang
  2. Cabai rawit
  3. Cabai hijau
  4. Cabai merah
  5. Tomat
  6. Daun kemangi

Bumbu pelengkap

  1. Daun salam
  2. Daun jeruk
  3. Daun sereh
  4. Lengkuas
  5. Daun pisang pembungkus ikan

Cara membuat

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan minyak hingga harum
  2. Masukkan bumbu pelengkap (berbagai jenis daun, kecuali daun pisang)
  3. Setelah layu, masukkan ikan segar yang sudah dibersihkan
  4. Setengah matang, angkat
  5. Bungkus ikan yang telah dimasak dengan daun pisang.
  6. Lalu siap dikukus.
  7. Dikeluarkan dari bungkusan daun.
  8. Tumis kembali dengan Lada, garam dan gula serta beri air until kuah.
  9. Mendidih, siap disantap.

Baca Juga