Beranda Radar Ramadan Kolak Ramadan

Djoeragan Resto THE 1O1 Suryakancana, Berbuka Puasa Sepuasnya

BOGOR-RADAR BOGOR, Berbuka bersama dengan keluarga atau rekan kerja memang terasa beda. Bahkan sesekali, berbuka puasa bisa dilakukan di luar rumah.

Salah satunya dengan memilih berbuka puasa di hotel, yang biasanya menawarkan banyak pilihan dengan satu harga. Seperti di Djoeragan Resto THE 1O1 Suryakancana.

Di restoran ini menyediakan ratusan pilihan menu. Baik itu makanan pembuka, makanan berat hingga berbagai jenis minuman. Marcom THE 101 Suryakancana, Resti Pradestiawati menuturkan, tiap harinya tersedia makanan nusantara, western maupun chineese food.

“Ada 150 macam menu. Lengkap, ada kue, kolak, bubur, makanan berat. Apalagi masakan Sunda itu tiap hari ada,” ungkap Resti kepada Radar Bogor, kemarin. Dari banyaknya pilihan menu, ada satu menu spesial di Ramadan kali ini yakni roasted chicken.

Menu ini, tak hanya tampilannya yang menarik, rasa dan bisa makan sepuasnya. Ayam yang garing dengan rasa gurih tidak hanya di bagian luar, tapi sampai bagian dalam ayam. Makin menambah citra rasa roasted chicken di Djoeragan Resto. disajikan tidak terlalu pedas. Buat yang ingin pedas bisa menambah sambal yang disediakan.

Ada belasan jenis sambal yang tersedia. Hingga semua anggota keluarga bisa menikmatinya, terutama anak-anak. Untuk tambahan kentang atau brokoli, umumnya tambahan untuk melahap roasted chicken bisa di area lain atau mengganti dengan menu lain.

Di Djoeragan Resto ini juga disediakan menu dari kentang dan brokoli. Untuk menikmati ratusan menu di Djoeragam Resto cukup mengeluarkan uang Rp165 ribu. Mulai pukul 17.30 – 20.30 malam. (mer/c)

Resep Roasted Chicken

Bahan

  1. Ayam
  2. Dry thyme/thyme kering (boleh juga yang masih fresh)
  3. Rosemary kering (wajib pakai)
  4. Paprika bubuk (wajib pakai)
  5. Bawang putih haluskan
  6. Garam
  7. Lada hitam bubuk
  8. Perasan jeruk lemon
  9. Olive oil secukupnya

Cara Membuat

1. Bersihkan ayam potong bagian bawah dan lehernya. Keringkan dengan lap atau tisu dapur sampai kering

2. Campur semua bumbu marinasi dan beri olive oil agak banyak kemudian aduk rata.

3. Marinasi ayam dengan bumbu marinasi. Lumuri bagian dalam nya juga ya di mangkuk lalu tutup atasnya dengan plastik wrap. Simpan di kulkas bagian bawah semaleman. Bisa juga hanya 2 jam di marinasi. Tapi lebih enak semaleman.

4. Keluarkan ayam dari kulkas 30 menit sebelum pemanggangan. Bisa mulai panaskan oven 180 C.

5. Taruh ayam di atas cooling rack/cooling grid yang diletakkan di atas loyang.. (fungsi nya agar ayam kering) jika tidak pakai cooling rack tekstur ayam akan basah karena lemak ayam. Tambah bawang putih utuh 3 siung taruh dalam badan ayam. Sayap ayam gulung ke dalam badan agar tdk gampang hangus.

6. Panggang ayam pada suhu 180 C di rack atas dan campuran kentang dan brokoli di rack bawah selama 1 jam 15 menit. Masing2 ukuran ayam akan mempengaruhi lama tdknya waktu pemanggangan ya. Sesuaikan dgn oven masing2.

7. Setelah 40 menit pemanggangan olesi ayam lagi dengan sisa bumbu (jika masih ada) lalu tutup atasnya dengan aluminium foil agar tdk cepat gosong. Kembalikan ke oven dan panggang lagi 35 menit. Jadi total 1 jam 15 menit.

8. Setelah matang keluarkan dan tusuk bagian dalam ayam dengan termometer daging. Jika tdk ada termometer bisa dgn garpu.. Sisa kuah disisihkan.

9. Untuk saus (gravy), sisa kuah panggangan ditumis dengan sedikit krim kental atau heavy cream. (jika krim kental tidak ada bisa dganti dengan sedikit terigu + margarine, diaduk terus ya sampai tidak menggumpal) tambah sedikit saja air lalu aduk rata sampai tidak mengental dan tidak menggumpal.

Baca Juga