Beranda Ekonomi

JNE Dorong Munculnya Wirausahawan dari Unair

Peserta Workshop Enterpreneurship yang dilakukan Perusahaan Jasa Pengiriman Barang JNE bersama Universitas Airlangga Surabaya, belum lama ini (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Wirausahawan atau entrepreneur, terus didorong agar muncul dan berkembang di Indonesia oleh semua pihak. Beragam program atau kegiatan digelar agar bisnis–bisnis baru terus bermunculan dan berkembang, dan dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat luas, serta turut mendukung perekonomian nasional seiring dengan perkembangan era digital di Indonesia.

JNE yang merupakan salah satu pilar penting dalam ekosistem e-commerce dan telah memenuhi kebutuhan pengiriman paket lebih dari 28 tahun silam turut mendukung gerakan lahirnya dan berkembangnya para entrepreneur. Salah satunya yaitu dilakukan oleh JNE Surabaya dengan menggelar “Expresspreneur” pada Jumat (26/4) lalu.

Workshop enterpreneurship di Universitas Airlangga Surabaya ini, diikuti oleh mahasiswa Program Akuntansi serta Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, khususnya yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan. Lebih dari 140 peserta mengikuti kegiatan yang bertempat di Aula MM, Kampus B UNAIR ini.

Andi Fachry Makkasau, Head Of Sales Marketing JNE Surabaya bertindak sebagai narasumber dan menceritakan mengenai business process sekaligus support JNE bagi para wirausahawan di Surabaya dan seluruh Indonesia. “Branding bagi sebuah produk adalah hal yang sangat penting, sehingga kegiatan ini bertema ‘Branding Kuat, Produk Hebat, Omset Melesat’”, tuturnya.

Selain narasumber dari JNE, hadir juga wirausahawan yang menjadi narasumber yaitu Wahyu Prihantono dan Ricky Ramadhan. Keduanya adalah wirausahawan muda yang dinilai berhasil memadukan teknik, quality control terhadap produk, sekaligus strategi marketing yang baik, sehingga usahanya terus bertumbuh tiap tahun. Mereka pun berbagi pengalaman tentang perjalanannya merintis usaha hingga meraih sukses dengan melalui berbagai tantangan.

Wahyu Prihantono adalah founder Pondok Kreazie yang merupakan online seller yang menjual berbagai produk rumah tangga. Baginya, penting untuk fokus terhadap optimalisasi teknologi untuk meraih omset besar. Sedangkan, Ricky Ramadhan yang merupakan founder Treera, yaitu produsen berbagai aksesoris pria, lebih condong untuk menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.

Setelah menggelar Expresspreneur, JNE berpartisipasi dalam kegiatan bazar bertajuk Enterpreneur Day. Bazar ini diikuti sekitar 50 stand yang menawarkan berbagai produk karya mahasiswa. Sesuai dengan temanya yaitu “Green Night Festival”, maka produk-produk yang ditampilkan adalah produk ramah lingkungan yang mendukung kelestarian alam.

Dalam festival ini, JNE Surabaya menghadirkan booth agar seluruh pengunjung dapat mendaftar menjadi member JLC (JNE Loyalty Card) yang berisi dengan program menarik dan benefit setiap mengirimkan paket. Terlihat ratusan pengunjung yang kebanyakan adalah mahasiswa sekaligus online seller antusias mendapatkan beragam informasi mengenai produk – produk layanan JNE yang dapat mendukung aktifitas bisnis yang dijalani.(JPG/magang-Dilah)

Baca Juga