25 radar bogor

Ayam Betutu Bakar Penggugah Selera

BOGOR-RADAR BOGOR, Ada dua kegembiraan yang akan didapatkan oleh mereka yang berpuasa. Pertama, bertemu dengan Allah SWT nanti dan saat berbuka puasa. Sehingga, mereka yang berpuasa selalu semangat menjelang waktu berbuka. Apalagi, jika menunya adalah hal yang baru atau menjadi khas sebuah daerah. Salah satunya, masakan khas Bali, tepatnya ayam betutu bakar khas Gilimanuk.

Berbagai masakan Bali bisa didapatkan di Teras Dewata Restoran, Jalan Achmad Adnawidjaya. Restoran ini benar-benar menawarkan masakan Bali, yang memiliki rasa tidak berbeda dengan yang ada di daerah asalnya.

Salah satu pengunjung, Deasy Suzanti menuturkan, rasa semua masakan di Teras Dewata otentik sekali dengan rasa asli di tempatnya. “Otentik banget. Sama dengan yang di Bali, khas Gilimanuknya itu. Ga usah lagi bingung,” terang Deasy Suzanti kepada Radar Bogor, kemarin. Apalagi, ditambah sambal yang pedas dari sambal goreng, sambal matah juga memberikan sensasi berbeda.

Deasy sendiri lebih menyukai ayam betutu bakar. Selain rasa ayam yang lengkap seperti gurih, manis dan pedas serta daging ayam yang lunak atau lembut. Ditambah kuah betutu, sambal matah dan goreng yang khas, semakin menambah kenikmatan berbuka di Teras Dewata.

Selain itu, menikmati ayam betutu bakar ini dengan sepiring nasi campur khas Gilimanuk. Di nasi campur Bali khususnya khas Gilimanuk, dilengkapi setusuk sate lilit, ayam sambal suwir, balado telur, ayam kecap, kacang goreng. Ditambah sayur urap dan lawar khas Gilimanuk.

Bahkan di satu piring nasi campur, juga dilengkapi sambal matah dan sambal goreng. Semakin lengkap dengan memesan plecing kangkung. Menikmati ayam betutu bakar ini, bisa dengan teh hangat, atau minuman lain.

Owner Teras Dewata, Henry menuturkan semua menu disajikan sesuai daerah asalnya. “Emang sesuai dengan aslinya, ayam betutu khas Gilimanuk. Khusus ayam betutu ada yang kuah, goreng dan bakar,” ungkap Henry.

Tidak cuma rasa, suasana restoran juga seperti di Bali. Terbuka, lebih menggunakan nuansa kayu atau alam. Aksesoris yang digunakan juga menggambarkan rumah di Bali.

Selama Ramadan, Teras Dewata memberikan berbagai promo. Diberikan potongan harga untuk belanja tertentu. Pada Ramadan ini, buka mulai pukul 16.00, yang hanya bisa melakukan pemesanan bawa pulang. Sedangkan, makan di tempat mulai pukul 17.00. Beroperasi tiap hari, tutup pada pukul 22.00.

Reservasi dilakukan maksimal H-1. Untuk kapasitas kurang lebih 80, area terbuka dan juga AC. Teras Dewata, restoran yang bisa menjadi pilihan untuk keluarga maupun kerabat atau rekan kerja. Faslitas seperti toilet, musola juga tersedia. (mer/c)

Resep Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Bahan :

  1. Daun singkong, direbus, diperas, dipotong-potong
  2. Minyak goreng
  3. Ayam utuh

Bumbu Dihaluskan

  1. kemiri, disangrai
  2. kunyit, bakar
  3. terasi, bakar
  4. ketumbar, disangrai
  5. serai, ambil bagian putihnya
  6. bawang merah
  7. bawang putih
  8. cabai merah besar
  9. cabai merah keriting
  10. cabai rawit merah
  11. lengkuas
  12. jahe
  13. pala
  14. kencur
  15. garam

Cara Membuat :

  1. Aduk rata bumbu halus bersama minyak goreng. Bagi menjadi 2 bagian.
  2. Satu bagian bumbu aduk rata bersama daun singkong.
  3. Masukkan daun singkong ke dalam ayam.
  4. Sisa bumbu dilumuri ke seluruh permukaan ayam. Sisihkan. Bungkus ayam dengan daun pisang.
  5. Kukus di dalam kukusan yang sudah dipanaskan di atas api sedang 45 menit sampai matang. Angkat ayam.
  6. Bakar ayam yang masih dibungkus sampai harum.