Beranda Radar Ramadan sehat ramadan

Tak Dehidrasi saat Puasa

dr Cahyo Kusumo Wijoyo
RS EMC Sentul

Tak Dehidrasi saat Puasa

Tubuh kita harus cukup dengan cairan, bagaimana aturan dengan asupan cairan untuk tubuh kita selama puasa ? Khususnya, agar kita tidak terkena dehidrasi dan kekurangan cairan selama berpuasa.

Tanti K
Bogor

Jawab :

Tubuh Kita diciptakan oleh Allah SWT memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang kuat, dalam hal puasa, secara otomatis tubuh akan menimimalkan metabolisme tubuh, sehingga jarang sekali orang yang berpuasa akan mengalami dehidrasi kecuali orang tersebut mengalami over aktivitas atau berada di bawah terik sinar matahari. Secara ideal asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah delapan gelas sehari (1 gelas mewakiki 250cc air putih).

Alangkah baiknya konsumsi cairan dibagi saja dua gelas saat berbuka, 2 gelas setelah salat tarawih, 2 gelas sebelum tahajut dan 2 gelas saat sahur.

Olahraga yang baik pada saat puasa adalah olahraga dipagi hari, semisal sehabis tadarus setelah sholat subuh, adapun olah raga yang dianjurkan adalah yang tidak berat, seperti jalan kaki 1000 langkah atau sepeda statis atau sepeda santai. Kenapa disaat pagi hari, karena pada saat pagi hari udara masih bersih dan belum ada aktifitas manusia yang berlebihan. (*)

Ada permasalahan kesehatan terkait puasa, kirimkan pertanyaan Anda ke No WA 087874556082.

Baca Juga