25 radar bogor

Cegah Hipertensi, Dedie Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup dan Rutin Cek Darah

BOGOR-RADAR BOGOR, Sepanjang tahun 2018, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencatat ada sebanyak 47 ribu masyarakat Kota Bogor yang mengidap penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Meski tergolong penyakit tidak menular, jika tidak tertangani sejak dini tentu dapat mengakibatkan kematian.

Sebab itulah, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengajak seluruh masyarakat untuk mencegah penyakit hipertensi dengan menjalankan pola hidup sehat dan melakukan pengecekan darah secara rutin. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara rajin olahraga dan banyak mengkonsumsi makanan bergizi.

“Data dari Dinas Kesehatan menyatakan bahwa penderita hipertensi di Kota Bogor itu ada sebanyak 47 ribu orang. Oleh karena itu, upaya pencegahan yang dibantu oleh teman-teman IDI, PAPDI dan Dinkes dengan cara mengajak masyarakat rajin berolahraga dan menjaga pola konsumsi makanan,” kata Dedie usai mengikuti senam sehat massal yang dihadiri ratusan peserta di halaman Balai Kota Bogor, Sabtu (04/05/2019) pagi.

Selain gencar menggalakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam menyehatkan warganya, dari segi infrastruktur Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sendiri telah memiliki fasilitas olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti Lapangan Sempur, Jogging Track seputaran Kebun Raya Bogor dan GOR Pajajaran.

“Kota Bogor terus membangun fasilitas untuk berolahraga seperti Jogging Track, Lapangan Sempur, GOR Pajajaran dan taman-taman. Tujuannya adalah merubah pola hidup masyarakat yang tidak sehat menjadi sehat. Begitu juga kedepan barangkali harus diatur pola konsumsinya agar tidak sembarang,” katanya.

Kegiatan senam sehat massal itu merupakan salah satu rangkaian upaya yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Bogor, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bogor dan Dinkes Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada 17 Mei nanti.

Ketua PAPDI Cabang Bogor, Dr. Erwanto Budi W Sp.PD mengatakan dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia pihaknya bersama IDI Cabang Bogor dan Dinkes Kota Bogor menggelar beberapa kegiatan untuk masyarakat, salah satunya senam sehat massal.

“Tujuan diadakan kegiatan ini salah satunya agar menggugah masyarakat supaya lebih peduli lagi. Bahwa penyakit hipertensi itu jangan main-main, karena diperlukan penangan yang lebih serius untuk penyakit hipertensi ini,” ujar Dr Erwanto yang bertugas di RS Hermina itu.

Selain senam, dia melanjutkan, pihaknya juga membuka layanan konseling gratis, layanan pemeriksaan tensi gratis dan menggelar seminar awam tentang hipertensi dan diabetes untuk menambah wawasan para peserta.

Selain Dr Erwanto turut hadir pula Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Kota Bogor Armein Rowi, Ketua IDI Cabang Kota Bogor Dr. Zainal Arifin Sp.S. (Humpro :Alif/Adit-SZ)