Beranda Metropolis

Buka Tunas XII, Ade : Jangan Tinggalkan Dasa Dharma Pramuka

BOGOR-RADAR BOGOR, Apresiasi disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat atas penyelenggaraan Pesta Untuk Anak Bangsa (TUNAS) yang memasuki tahun ke-12.

“12 tahun waktu yang cukup lama, dibutuhkan konsistensi dan inovasi untuk menjaga kelangsungan suatu kegiatan. Membuat ide itu cukup mudah, yang sulit itu memelihara kegiatan. Tunas salah satu bagian dari agenda yang terkalenderkan di Kwarcab Kota Bogor,” katanya saat membuka Tunas XII di SMKN 1 Kota Bogor, Jalan Heulang No.6, Tanah Sareal, Sabtu (04/05/2019).

Selain itu, apresiasi juga disampaikannya atas peningkatan jumlah peserta yang tidak hanya berasal dari Kota Bogor tapi luar Kota Bogor, diantaranya DKI Jakarta. Ade berharap agar para peserta yang berasal dari luar Kota Bogor, dapat menikmati suasana Kota Bogor.

Mengusung tema “Pramuka Bijak Berteknologi di Era Globalisasi” para anggota pramuka boleh paham teknologi dan jangan ketinggalan perkembangannya. Ade juga berpesan agar jangan meninggalkan sumpah dan Dasa Dharma Pramuka, karena pramuka harus paling depan dalam motor kebaikan dan hal apapun.

“Sumpah yang diucapkan harus diiringi dengan tindakan dan semangat berbuat benar, dimaknai takut berbuat salah. Bersahabat dengan siapapun, jika hidup diawali dengan niat tulus maka hidup akan aman,” terang Ade.

Bagi seseorang yang memilih gerakan pramuka sebagai pilihannya untuk mengabdi, Ade menilai setidaknya ada beberapa keuntungan yang akan diraih, diantaranya melatih dan menjadi pribadi yang mandiri, melatih kedisiplinan, wujud gotong royong, belajar tentang hidup dan kepemimpinan serta tentang persahabatan.

“Dalam lomba ini juara bukan segalanya, yang utama adalah evaluasi dan pembelajaran terhadap kegiatan kepramukaan, baik pribadi maupun organisasi, baik pelatih maupun peserta. Yang utama adalah meningkatkan silaturahmi,” tegas Ade.

Kegiatan Tunas XII Tahun 2019, diikuti 271 anggota pramuka penggalang dari 15 pangkalan dan 203 anggota gerakan pramuka penegak dari 11 pangkalan. (Humpro:rabas/hari-SZ)

Baca Juga