25 radar bogor

Para Debutan Liga 1 Siap Beri Kejutan Bermain di Bulan Puasa

BANDUNG-RADAR BOGOR,Bagi sejumlah pemain asing yang baru pertama kali merumput di kompetisi sepak bola Indonesia, tentu harus mau bekerja lebih keras untuk bisa mendapat kepercayaan pelatih. Tak hanya beradaptasi dengan tim barunya, tapi juga menyesuaikan dengan kultur kompetisi di tanah air.

Salah satu yang harus disesuaikan adalah bertanding di bulan puasa. Sebab, selama bulan Ramadan, seluruh pertandingan akan dimainkan pada malam hari. Namun, hal itu tak dianggap sebagai kendala bagi sejumlah debutan.

Gelandang Semen Padang Jose Sardon misalnya. Da menilai tidak masalah bermain jam berapapun. ”Karena sama seperti setiap laga lainnya, saya selalu mempersiapkan yang terbaik untuk membawa tim meraih kemenangan,” kata Jose kepada Jawa Pos.

Meski baru mendarat di Semen Padang, Jose juga tak menemui kendala berarti. Apalagi, dia memiliki rekan satu tim yang sama-sama berasal dari Argentina, Mario Barcia.

”Dia (Barcia) membuat saya mudah bermain,” ujarnya. Terlebih, dia menilai fans di Indonesia sungguh luar biasa. Tak hanya di Lamongan, dia juga menganggap fans Semen Padang sangat istimewa.

Selain itu, hal yang paling membuatnya betah di Indonesia adalah masyarakatnya yang ramah. ”Orang Indonesia sangat ramah-ramah,” tambah pemain 30 tahun itu.

Dengan lingkungan yang nyaman, hal itu diyakini bakal berdampak positif terhadap performanya di lapangan. ”Baik di Lamongan dan di Padang, semua orang sangat baik kepada saya. Karena itu saya akan melakukan yang terbaik di lapangan,” tambah dia.

Kondisi serupa dirasakan oleh pemain debutan Persib Bandung, Artur Gevorkyan. Pemain asal Turkmenistan itu memang baru kali ini bermain di Indonesia. Namun, dia merasa tak cukup pede untuk menatap gelaran Liga 1.
Termasuk untuk berlaga pada pukul 20.30 WIB di laga perdana bersama Maung Bandung. Dia mengaku sama sekali tak ada masalah dengan proses adaptasi.

Sebab, proses adaptasi Artur terbantu oleh keberadaan Bojan Malisic. Bek Persib itu memang pernah bermain dalam satu tim dengannya di FC Nasaf, tim dari Uzbekistan. Karena itu, hadirnya Bojan membuat dia mudah berbaur dengan pemain yang baru dikenalnya.

Bojan pula yang membuat Artur yakin memilih Persib. ”Saya berteman baik dengan Bojan. Dan saya yakin dia akan membantu saya di sini (Bandung),” tuturnya. (JPG)