25 radar bogor

Sepekan Ambruk, Jembatan di Sukamakmur Sudah Bisa Dilalui

GOTONGROYONG: Warga bahu membahu mengerjakan pembangunan jembatan bailey. (Arifal)

SUKAMAKMAUR-RADAR BOGOR,Setelah ambruk sejak Jumat (12/4) pekan lalu, akhirnya jembatan di jalan raya Sukawangi-Gunungbatu, Kampung Cinangsi, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakamur, Kabupaten Bogor sudah bisa dilalui.

Jembatan akses itu rusak berat akibat bencana longsor dan pergerakan tanah yang terjadi. Longsor kemarin, merupakan longsor kedua setelah sebelumnya longsor terjadi di jalan penghubung Kampung Werkip dengan Kampung Cibeureum. Peristiwa itu bukan yang pertama kalinya, longsor di jalan penghubung tersebut sudah dua kali mengalami longsor. Pertama pada medio februari 2019. sebuah jembatan yang menghubungkan dua kampung tersebut amblas akibat penyangga jembatan mengalami pergeseran tanah.

Pantauan Radar Bogor, saat ini jembatan bailey sedang dalam pemasangan matrial fisik. Proses pemasangannya pun sambil dibantu beberapa warga sekitar.

“Besok (hari ini) sudah bisa dilalui,” ujar Eeng (54) Warga Kampung Cinangsi, kepada Radar Bogor, kemarin (19/4).

Sementara itu, Kepala Desa Sukawangi, Endro Hermawanto mengatakan, perbaikan jembatan tersebut sudah dilakukan sejak tiga hari lalu.

“Sudah direspon dinas terkait. Saat ini sudah bisa dialui,” tuturnya.

Terpisah, Petugas Pemeliharaan jembatan dan jalan pada UPT Jalan dan Jembatan Jonggol, Agus mengatakan, pemasangan jembatan dilakukan selama dua hari. “Kami gunakan jembatan bailey. Besok sudah bisa dilalui,” tukasnya. (all/b)