25 radar bogor

Soal Quick Count Pilpres di Indoensia, Begini Tanggapan Pakar Politik Internasional

Petugas TPS
Petugas TPS di Bogor. Sofyansyah/Radar Bogor

JAKARTA-RADAR BOGOR,Sejumlah pakar politik di luar negeri mengklaim sudah memprediksi ihwal Pilpres 2019. Hasil hitung cepat beberapa lembaga survei yang memenangkan Jokowi-Ma’ruf, dinilai sesuai dengan prediksi mereka.

“Kami sudah menduga kemenangan Jokowi,” kata Peter Mumford dari Uerasia Group, konsultan politik yang bermarkas di New York, melalui keterangan resmi yang diterima jawapos.com Kamis (18/4)

Menurutnya, kemenangan Jokowi masih di angka 50-an persen membuat pemerintahan akan lebih dinamis. Karenanya, sebuah keniscayaan bagi Jokowi untuk merangkul partai non koalisi di pemerintahannya.

Sementara itu pakar Indonesia dari Australian National University Greg Fealy menanggapi kemenangan Jokowi dengan positif. Menurutnya Jokowi berkomitmen untuk membuat peninggalan dalam pemerintahannya.

“Ia bertekad untuk menciptakan dampak terbesar dalam kehidupan nasional yang bisa dilakukannya. Ia ingin melakukan banyak pembangunan, ia ingin lebih banyak lagi infrastruktur, ia ingin kesejahteraan yang lebih besar lagi, ia ingin meninggalkan warisan,” kata Fealy.

Fealy mengatakan baru-baru ini Indonesia sedang menegosiasikan perdagangan bebas dengan Australia. Termasuk membebaskan tarif banyak barang dan jasa, serta mengizinkan universitas-universitas Australia membangun kampus di Indonesia.

Hal ini mencerminkan naluri pasar Jokowi seorang mantan pengusaha dan eksportir besar.

Sebagai presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari kalangan elit politisi, militer dan penguasaha, dalam periode pertamanya Jokowi memprioritaskan pembangunan infrastruktur.

“Ia membangun jalan, rel, pelabuhan, dan bandara di seluruh kepulauan di Indonesia,” pungkasnya. (JPG)