25 radar bogor

Mesin Menyala Saat Isi Bensin, SPBU di Cibadak Terbakar. Satu Mobil Hangus!

SPBU di Cibadak Sukabumi yang terbakar.

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Cibadak Sukabumi, terbakar Jumat (19/4/2019) dini hari sekitar pukul 01:30 WIB. Akibat peristiwa itu, satu unit mobil hangus terbakar.

Informasi dihimpun, peristiwa itu bermula saat satu mobil bak terbuka nopol F 8194 UZ mengisi bensin. Tiba-tiba saat itu mesin pengisi mengeluarkan percikan api.

Nyala api diduga dari mesin mobil yang dibiarkan menyala saat mengisi bensin. Alat pengontrol (nozzle) seketika mengeluarkan percikan api dan menyambar tangki bensin kendaraan.

“Mesin mobil dalam keadaan hidup, dia isi bensin penuh. Saat indikator mendeteksi bensin penuh, nozzle otomatis terangkat saat itu tiba-tiba ada api keluar,” kata Ridwan salah seorang pegawai SPBU kepada wartawan.

Beberapa saksi di sekitar lokasi kejadian mengaku mendengar suara ledakan sebelum api memercik. Tidak lama kemudian kobaran api menyambar tiga kendaraan di lokasi kejadian. Akibat kejadian itu satu mobil hangus.

“Percikan api keluar dari mesin pengisi, langsung menyambar kendaraan dan terbakar. Dua mobil saya yang sedang parkir juga sempat ikut terbakar bagian depannya, untung langsung saya matikan,” ujar Asep Saepul Rahmat (32), pedagang buah-buahan di lokasi kejadian.

Menurut Asep, empat unit kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi tidak lama setelah kejadian. Pengemudi mobil yang terbakar menyelamatkan diri dan hanya mengalami luka di lengan serta kaki dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

“Sopirnya di rumah sakit, kondisinya luka ringan. Berhasil diselamatkan tidak lama setelah percikan api menyambar mobilnya,” ucap Asep.

Api juga membakar bagian atap SPBU. Beruntung api tidak menyambar dua mesin pengisi lainnya yang berdekatan. (dtk/ysp)