25 radar bogor

Lagi! Ketua KPPS Meninggal Dunia, Kelelahan Rekap Suara di TPS

Ilustrasi mayat
Ilustrasi mayat

TASIKMALAYA – RADAR BOGOR, Pemilu 2019 kembali memakan korban. Untuk kedua kalinya petugas pemilu di Tasikmalaya meninggal.

Sebelumnya, Ketua KPPS di Cigalontang meninggal saat rekap suara. Lelaki paruh baya bernama Supriyanto itu menghembuskan napas terakhirnya di TPS.

Kali ini, Ketua KPPS di Desa Mandalamekar, Jeje, tutup usia di rumahnya, Kamis (18/4/2019) malam. Jeje diduga kelelahan usai menjalankan tugas mengawal proses rekap suara di TPS.

“Betul satu lagi (meninggal). Ketua KPPS atas nama Jeje, wafat diduga kelelahan” ujar Komisioner KPUD Kabupaten Tasikmalaya Fakhrudin, Jumat (19/4/2019).

Dua peristiwa menunggal ketua KPPS di Tasikmlaya menunjukkan tugas dan tanggung jawab penyelenggara pemilu di daerah sangat berat.

“Pemilu kali ini berat, ada norma-norma baru, pelaksanaan Pileg dan Pilpres disatukan hingga membutuhkan energi ekstra bagi penyelenggara,” ujar Ketua KPUD Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin.

Selain dua orang wafat, sejumlah petugas PPS juga diboyong ke rumah sakit. “Beberapa dirawat, ya akibat kelelahan,” kata Zamzam. (dtk/ysp)