25 radar bogor

Angkasa Pura I Buka Pendaftaran Mudik Gratis, Cek Syaratnya

Penampakan bus jurusan Garut- Bogor yang baru saja beroperasi.

JAKARTA-RADAR BOGOR,PT Angkasa Pura I (Persero) mulai membuka pendaftaran bagi masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan yang ingin mengikuti Program BUMN Mudik Gratis Tahun 2019. Perseroan menyiapkan transportasi bus dan kapal laut Pelni untuk program ini.

“Mudik Gratis ini bentuk kepedulian Angkasa Pura I kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Ini bagian dari kontribusi perusahaan dalam memperlancar arus mudik lebaran tahun 2019,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangannya, Jumat (19/4).

Dia mengungkapkan, pihaknya menyediakan sebanyak 2.520 kursi yang terbagi dalam 63 bus AC bagi calon pemudik asal Jakarta menuju 6 kota, yaitu Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Para pemudik akan mendapatkan paket makanan ringan, obat-obatan, kaos, dan souvenir lainnya, termasuk asuransi jiwa untuk kenyamanan dan keamanan pemudik selama perjalanan menuju kampung halaman.

“Sedangkan untuk pemudik yang menggunakan kapal laut, Angkasa Pura I menyediakan 1.000 kursi kapal Pelni. Rinciannya, 400 kursi jurusan Makassar ke Surabaya menggunakan KM. Labobar dan 600 kursi rute Balikpapan ke Surabaya menggunakan KM Dobonsolo,” ungkapnya.

Pendaftaran mudik gratis dengan bus dapat dilakukan secara online mulai 22 April hingga 4 Mei 2019 di website mudikgratis.ap1.co.id dan pendaftaran secara langsung (offline) pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2019 di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk pemudik dengan kapal laut, pendaftaran dapat menghubungi Kantor Cabang Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mulai 1 Mei sampai 25 Mei 2019.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk ikut serta dalam program ini adalah calon pemudik perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) (asli dan fotokopi).

Nantinya, keberangkatan calon pemudik akan dilaksanakan secara bertahap. Pada 30 Mei 2019 akan diberangkatkan 1 bus rute Jakarta-Semarang , dan 62 bus sisanya diberangkatkan pada 31 Mei 2019 dari Jakarta menuju Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Sedangkan calon pemudik dari Makassar menuju Surabaya yang menggunakan KM. Labobar diberangkatkan pada 27 Mei 2019, dan dari Balikpapan ke Surabaya dengan KM. Dobonsolo akan diberangkatkan pada 30 Mei 2019.

“Melalui program BUMN Mudik Gratis ini kami berharap dapat mendukung terciptanya arus mudik yang aman, lancar, dan kondusif, sehingga para pemudik dapat berkumpul bersama keluarganya di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 2019,” pungkasnya. (JPG)