Beranda info bogor

12 Spot Menarik Ini Bikin Betah Berlama-lama di Kebun Raya Bogor, Apa Saja?

Salah satu spot menarik di dalam Kebun Raya Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Kebun Raya Bogor merupakan salah satu lokasi wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan.

Apalagi, Kebun Raya Bogor kini memiliki banyak spot-spot menarik sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam kawasan tersebut.

Yuk simak, apa saja spot-spot menarik di dalam kawasan wisata yang terletak di Jl Ir H Djuanda Itu? Berikut daftarnya.

1. Monumen Lady Raffles

Hal menarik ketika masuk ke pintu utama Kebun Raya Bogor yakni Monumen Lady Raffles. Lokasinya di dekat pintu Utara Kebun Raya Bogor. Bangunannya menyerupai sebuah gazebo bertiang 8 dan di tengahnya terdapat prasasti.

Monumen Lady Raffles bisa disebut sebagai sebuah monumen Cinta. Monumen dibangun untuk mengenang Lady Raffles, istri Gubernur Jenderal Inggris di Hindia Belanda (Indonesia) Sir Thomas Stamford Raffles, yang meninggal karena sakit.

Monumen ini pun menginspirasi pasangan-pasangan yang berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor untuk menjaga kelanggengan cinta mereka.

2. Danau Gunting

Dari Monumen Lady Raffles, kamu bisa ke sebuah danau kecil bernama Danau Gunting. ama Danau ini diambil dari bentuk danau yang menyerupai bentuk sebuah gunting. Di danau ini, bila sedang musim teratai berbunga, warna pink akan mendominasi.

3. Prasasti Reinwardt dan Pekarangan Belakang Istana Bogor

Sebelum beranjak dari Danau Gunting, kamu bisa melihat dari sisi kiri yakni sebuah prasasti. Prasasti tersebut dibuat untuk mengenang pendiri Kebun Raya Bogor, Georg Karl Reinwardt. Kemudian ke arah Utara, kamu bisa menemukan pekarangan belakang Istana Bogor. Di tempat ini kamu bisa berfoto-foto.

4. Patung Tangan Tuhan

Benda menarik yang kamu akan temukan di pekarangan yakni sebuah patung. Patung itu bernama Patung Tangan Tuhan. Patung itu terlihat sebuah tangan yang menjunjung postur seorang laki-laki yang sedang menengadahkan kepala dengan mulut terbuka.  Patung ini merupakan persembahan dari Pemerintah Swedia.

5. Patung The Little Mermaid Statue

Patung lainnya yang bisa dilihat di Kebun Raya Bogor yakni The Little Mermaid Statue. Patung ini adalah replika dari Patung Little Mermaid, sebuah karya yang diilhami oleh pengarang cerita anak-anak terkenal, Hans Christian Andersen. Ukurannya tidak sebesar aslinya di Kopenhagen, tetapi penampilannya sangat mirip dan unik.

6. Pemakaman Belanda Kuno

Di Kebun Raya Bogor terdapat pemakaman Belanda Kuno. Di sini terdapat nama-nama Heinrich Kuhl dan J.C. Van Hasselt. Keduanya adalah ahli biologi muda yang dikirimkan ke Indonesia untuk mempelajari dan mengumpulkan spesimen hewan dan tumbuhan asli nusantara.

5. Taman dan Tugu Teijsman

Kebun Raya Bogor terdapat Taman Teijsman. Di bagian tengahnya terdapat sebuah tugu berbentuk obelisk yang disebut dengan Tugu Teijsman.

Tugu dengan latar belakang pepohonan besar dan hijaunya rumput melebur menjadi sebuah landscape yang luar biasa cantik. Kamu pun bisa berfoto di sini.

6. Laboratorium Treub dan Wisma Tamu Nusa Indah

Gedung ini merupakan salah satu laboratorium yang didirikan pada masa Belanda dulu untuk melakukan penelitian. Dalam bangunan inilah, penelitian fitokimia (zat kimia yang berasal dari tumbuhan) di Indonesia pertama kali dilakukan.

Nama laboratorium itu Treub Laboratorium. Nama laboratorium diambil dari nama salah seorang Direktur Kebun Raya Bogor, yaitu Melchior Treub, seorang ahli botani.

Bangunan di sebelah Treub Laboratorium, yang sekarang menjadi Wisma Tamu Nusa Indah, dahulunya adalah rumah Melchior Treub. Wisma ini juga sangat menarik.

7. Museum Zoologi

Di Museum Zoologi terdapat berbagai hewan yang diawetkan. Berbagai jenis binatang, mulai dari mamalia hingga serangga bisa dilihat dalam bentuk aslinya.

Salah satu ikon favorit tempat ini adalah sebuah tulang belulang utuh dari makhluk terbesar di dunia, yaitu paus biru. Untuk memamerkan tulang belulangnya dibutuhkan sebuah ruangan tersendiri di dalam museum.

8. Taman Meksiko

Berada di Taman Meksiko kamu akan dibawa suasana tandus sebuah gurun. Namun Taman Meksiko bukanlah 100% gurun. Angin semilir dari sekelilingnya tetap membuat hawa di sekitarnya sejuk.

9. Jembatan Pemutus Cinta

Jembatan ini berwarna merah dan panjangnya sekitar 25-30 meter saja. Mitos tentang banyaknya hubungan yang kandas setelah melewati jembatan ini hingga sekarang masih terus terdengar. Tentu kamu bisa percaya atau tidak.

10. Jalan Kenari II

Jalan Kenari II di Kebun Raya Bogor sangat cantik. Deretan Pohon Kenari di kedua sisi jalan, sama persis dengan apa yang bisa ditemukan di Bogor masa lalu.

Kamu bisa memanfaatkan bangku-bangku yang ada di sepanjang jalan ini. Kamu juga bisa menikmati udara segar di jalan ini.

11. Taman Astrid

Di Taman Astrid kamu akan menemukan jejeran bunga berwarna kuning dan merah seperti membelah jalan menjadi dua bagian kembar. Bunga-bunga yang menghiasi jalan kembar ini adalah Bunga Tasbih.

12. Taman Lebak Soedjana Kassan

Kalau kamu ke Taman Soedjana Kassan, cobalah temukan Garuda Pancasila. Cobalah dari berbagai sudut yang mungkin menunjukkan adanya sosok burung garuda di taman yang juga dikenal sebagai Taman Lebak Soedjana Kassan itu. (ysp)

Baca Juga