25 radar bogor

Tata Simpang Ciawi, Pemkab Bogor Ajak Pemprov Jabar Turun Tangan

Pemkab Bogor terus berusaha menata simpang Ciawi dengan melibatkan Pemprov Jabar dan Pemkot Bogor.

CIAWI-RADAR BOGOR, Penataan simpang Ciawi terus diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Bahkan, Pemkab Bogor bakal menggandeng dua pemerintahan untuk menata simpang yang selama ini menjadi titik kemacetan di daerah perbatasan kota dan kabupaten tersebut.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat menjelaskan, saat ini Pemkab Bogor sedang melakukan koordinasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk melakukan penataan simpang Ciawi.

Saat ini Bappedalitbang sedang merancang kembali rencana penataan tersebut dengan opsi melibatkan Pemkot Bogor. Sebab, melihat kontek kewilayahan, Ciawi berbatasan dengan Kota Bogor.

“Kita lagi upayakan ini kepada Provinsi untuk dapat memikirkan permasalahan yang ada di simpang Ciawi,” ujarnya kepada Radar Bogor, Rabu (17/4/2019).

Salah satu opsi yang bisa diterapkan untuk mempercepat realisasi penataan yakni dengan melakukan kerjasama. Tetapi, untuk melakukan kerjasama itu harus dijembatani Pemprov Jawa Barat.

“Intinya kita sedang upayakan kepada dua belah pihak tersebut. Karena ketika simpang Ciawi tertata, dampaknya juga akan terasa bukan hanya di Kabupaten Bogor saja tapi juga di Kota Bogor,” ujarnya.(drk/c)