Beranda Metropolis

Puluhan Warga Bogor Urus E-KTP di Hari Pemilu

Ribuan KTP-el yang terlantar di Disdukcapil Kota Bogor. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR,Seharian kemarin (17/4), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor melayani puluhan warga Kota Bogor untuk mencetak surat keterangan (Suket) dan perekaman KTP-el. Pelayanan di hari Pemilu itu dilakukan dengan cara menyebar para staf ke enam kantor kecamatan.

Selama masa penyoblosan berlangsung, sedikitnya 23 warga memohon pencetakan suket dan delapan warga lainnya datang untuk perekaman KTP-el.

Kabid PIAK pada Disdukcapil Kota Bogor, Ari Setyaningsih mengatakan, empat dari 23 warga yang memohon pelayanan kependudukannya itu berasal dari Kecamatan Bogor Selatan, sedangkan di Bogor Timur empat orang, Bogor Tengah dengan dua orang, Bogor Barat delapan orang, Bogor Utara dua orang dan Tanah Sareal dua orang.

Sedangkan untuk perekaman KTP-el yang berjumlah delapan orang terdiri dari Kecamatan Bogor Selatan, Bogor Barat, Bogor Utara dan Tanah Sareal masing-masing satu orang, serta Kecamatan Bogor Timur dan Tengah masing-masing dua orang.

“Kalau suket bisa KTP-nya hilang atau rusak tapi kalau rekam memang hari ini baru perekaman,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (17/4).

Saat ini, kata Ari, pencetakan fisik KTP-el di Disdukcapil Kota Bogor sudah siap. Baik untuk masyarakat yang masuk kategori Print Ready Record (PRR) maupun kategori hilang atau rusak. “Sebetulnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan prioritas bagi yang PRR dulu tapi pengajuan yang rusak atau hilang juga banyak akhirnya dicetak semuanya,” kata dia.

Selain itu, sambung dia, jika melihat target, maka kategori PRR telah terlampaui. Namun ada juga kemungkinan yang belum melakukan perekaman meski usianya sudah lebih dari 17 tahun.

Karenanya, masyarakat yang sudah memiliki Suket dan mengajukan untuk pencetakan fisik KTP-el sudah bisa dilakukan. Termasuk yang baru saja mencetak Suket pada hari ini (red, kemarin). “Yang tadi cetak suket kalau langsung diajukan (pencetakan fisik) paling lama dua hari, tapi karena libur mungkin baru Senin (22/4),” terangnya.

Dengan demikian, lanjut Ari, saat ini Disdukcapil mengupayakan semua pengajuan pencetakan KTP-el bisa langsung dilakukan. Terpenting ketersediaan blanko dari Kemendagri selalu siap. “Sekarang diupayakan semua pengajuan dilayani, semoga di pusatnya tidak kehabisan blanko,” pungkasnya. (gal/c)

Baca Juga