Beranda info bogor wisata bogor

Menikmati Suasana Alam Pedesaan di Taman Cinta Situ Kemuning

Taman Cinta di Situ Kemuning, Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ada beberapa distenasi wisata bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburnya ke wilayah utara Kabupaten Bogor. Salah satunya Situ Kemuning, Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede.

Situ Kemuning menjadi salah satu potensi wisata air di Bogor Utara. Saat ini situ tersebut menjadi tempat wisata yang dikelola Pemerintah Desa (Pemdes) Cimanggis bekerja sama dengan masyarakat sekitar.

Situ Kemuning bukan hanya menjadi objek wisata air. Di tepi situ, pengunjung dapat menyaksikan beberapa jenis pepohonan hijau maupun duduk menghadap situ di Taman Cinta. Ada juga tempat pemancingan.

Namun salah satu bagian situ juga dimanfaatkan masyarakat setempat. Kondisi situ maupun lingkungannya cukup bersih. Saat berkunjung ke situ pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menyewa perahu bebek.

Anda bisa mengajak keluarga piknik di tepi danau sambil menikmati pemandangan sekitar situ. Anda juga bisa menikmati keindahan khas danau dan taman yang terasa begitu menyejukkan.

Sebab, area di sekitar situ ditumbuhi banyak pepohonan rindang. Namun banyak pula warga sekitar yang bisa menikmati permainan di sekitar situ tersebut. “Boleh masuk tanpa membayar tiket,” kata Kepala Desa Cimanggis, Abdul Azis Anwar, kemarin.

Azis menambahkan, Taman Cinta dan Situ Kemuning itu ibarat perpaduan yang pas menciptakan rasa cinta kepada alam. Caranya menikmati sejuknya suasana taman dan situ dengan keluarga tercinta.

Setiap hari ramai dikunjungi, apalagi di bulan puasa. “Saya berharap potensi tersebut bisa mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat,” katanya.

Sementara itu, seorang warga, Heri, mengatakan, Taman Cintamenjadi spot favoritnya. Banyak pengunjung memanfaatkan area ini untuk memancing dan berswafoto. “Kalau bawapasanga n wajib foto-foto,” ujarnya.(khr/c/els/py)

Baca Juga