25 radar bogor

Capres Cawapres 01 dan 02 Sepakat Tunggu Hasil Resmi KPU

Capres Jokowi dan Prabowo pada debat keempat, Sabtu (30/3/2019).

JAKARTA-RADAR BOGOR,Hasil hitung cepat beberapa lembaga survei menyatakan bahwa perolehan suara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Meski demikian, kedua kubu sama-sama menunggu hasil penghitungan resmi oleh KPU.

Menyampaikan pernyataan seusai memantau hitung cepat (quick count), Jokowi memilih tidak ingin mengumbar kemenangan.

Dia lebih dulu mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, dan DKPP yang sudah bekerja dengan baik.

“Sehingga pemilu berjalan dengan jujur dan adil,” katanya setelah nonton bareng hasil hitung cepat di Jakarta Theater kemarin (17/3). Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah menjaga keamanan dan ketertiban sehingga coblosan berjalan lancar.

Capres incumbent itu menyatakan, jika melihat quick count dan exit poll, hasil pilpres sudah bisa diketahui. Namun, dia akan tetap menunggu hasil penghitungan resmi KPU. “Kami akan bersabar menunggu,” ujar ayah tiga anak itu. Jokowi mengajak rakyat Indonesia kembali menjalin kerukunan dan persaudaraan setelah melewati pemilu yang menegangkan serta menguras energi.

Erick Thohir, ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, menambahkan, pemilu sudah dilaksanakan dengan jujur, adil, dan transparan. Menurut dia, tidak ada intervensi dalam penyelenggaraan pemilu.

“Saya rasa ini adalah sebuah pesta untuk kita semua,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, calon presiden Prabowo Subianto memberikan respons yang berbeda atas hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Dia tetap merasa sebagai pemenang pilpres.

Sekitar pukul 16.50, Prabowo yang memantau hasil hitung cepat dari kediamannya di Kertanegara akhirnya keluar menyapa simpatisan dan pendukungnya. Bersama sejumlah pengurus partai koalisi, dia menyampaikan pandangannya mengenai proses pemungutan suara yang sudah berjalan sampai sore.

“Kita prihatin, dari tadi malam banyak kejadian yang merugikan pendukung 02. Banyak surat suara yang tidak sampai, banyak TPS buka jam 11.00, banyak pendukung kita tidak dapat undangan, dan sebagainya. Belum lagi yang ditemukan surat suara dicoblos 01,” ungkapnya. Prabowo menyampaikan pernyataan tanpa didampingi Sandi yang tengah memantau rekapitulasi suara di lokasi lain.

Menurut dia, hasil penghitungan internal koalisinya justru memenangkan dirinya. Prabowo menyebutkan, hasil exit poll menunjukkan bahwa dirinya bersama Sandi menang 55 persen, sedangkan hasil hitung cepat menunjukkan paslon 02 menang 52 persen.

“Saya tegaskan di sini, ada upaya dari berbagai survei tertentu untuk menggiring opini seolah-olah kami kalah,” ujarnya. (Jpg)