25 radar bogor

Surat Suara Kurang, Puluhan Warga Cilebut Barat Terancam Gagal Nyoblos

Puluhan warga Perumahan RSCM, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Tingginya antusias warga untuk menggunakan hak suaranya, ternyata membuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa TPS kelimpungan. Bahkan, tak sedikit TPS yang kehabisan kertas suara karena banyaknya warga yang ingin menggunakan hak pilihnya.

Seperti yang terjadi di TPS 058, 059, 060 Perumahan RSCM, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Akibat surat suara yang tersedia sudah habis, beberapa warga pun terancam tidak bisa menggunakan hak suaranya.

“Saya dari pagi sudah antre untuk menggunakan hak suaranya, tapi pas dapat panggilan untuk mencoblos kertas suaranya habis,” ujar Andy, saat hendak menggunakan hak pilihnya di TPS 058 Perumahan RSCM, Desa Cilebut Barat.

Dia mengatakan, di TPS 058 ada belasan warga yang belum kebagian karena kertas suaranya sudah habis. Dari pantauannya di TPS 059 juga mengalami hal yang sama kertas suara habis. “Kami yang belum kebagian ini merupakan pemilih dapat undangan (C6),” terangnya.

Kurangnya surat suara ini juga dibenarkan petugas KPPS TPS 058, Muhammad Alkamar Fadila. “Ya, kami cuma terima kertas suara untuk Pilpres sebanyak lebih kurang 280 lembar,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk TPS 058 masih ada sekitar 50 hingga 100 pemilih yang belum kebagian nyoblos karena kertas suaranya kurang. “Jumlah kertas suara yang kami terima berbeda-beda untuk Pileg,” terangnya.(pin)