25 radar bogor

528 Warga Binaan Lapas Gunungsindur Gunakan Hak Pilih

Warga Binaan Lapas Gunungsindur ikut menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

GUNUNGSINDUR-RADAR BOGOR, Warga binaan Lapas Gunung Sindur, ikut menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. Mereka menggunakan hak suaranya di empat TPS di Lapas Gunung Sindur dan satu TPS di Rutan Gunung Sindur.

Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana menjelaskan, pada Pemilu kali ini, jumlah TPS di Lapas sebanyak empat, yaitu TPS 34, TPS 35, TPS 36 dan TPS 37. Semua TPS ditempatkan di Lapangan Olahraga bagian dalam Lapas dengan tujuan memudahkan WBP datang ke TPS.

“Untuk jumlah mata pilih di Lapas tercatat sebanyak 606 orang, terdiri dari DPT Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) 528 orang dan DPT Petugas 78 orang. Namun demikian dari total 1074 orang WBP, terdapat 546 orang WBP (50,83%) yang tidak masuk DPT karena 9 orang Warga Negara Asing (WNA),” jelasnya.

Sopiana menambahkan, ada 19 orang bebas sebelum hari H dan 518 orang telah direkam, namun 166 orang NIK-nya tidak ditemukan dan 352 orang NIK-nya terdaftar saat perekaman e-KTP tapi tidak terdaftar di database KPU sehingga tidak bisa diusulkan form A5.

“Pengamanan saat pemungutan suara, selain melibatkan seluruh petugas keamanan internal Lapas, juga dibackup aparat Kepolisian dan TNI. Sedangkan untuk jadwal kunjungan warga binaan ditiadakan,” pungkasnya.(nal/c)