25 radar bogor

Pemilu Rawan Gangguan Kamtibmas, Ini Strategi Pengamanan yang Dillakukan Kapolresta Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Jelang pencoblosan Pemilu 2019, Polresta Bogor Kota menggelar Apel Pergeseran Pasukan Personel Satgas Operasi Mantap Brata Lodaya 2019, dan Personel Pam TPS Polresta Bogor Kota.

Apel berlangsung di halaman Mapolresta Bogor Kota Senin (15/4/2019) pukul 07.00 WIB

Apel yang diikuti personel TNI-Polri daan dipimpin oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Hendri Fiuser ini, sekaligus untuk mengecek kesiapan dan peralatan personal yang akan melaksanakan pengamanan di TPS di wilayah Kota Bogor.

Pada Apel Pergeseran Pasukan Personel Satgas Operasi Mantap Brata Lodaya 2019 dan Personel Pam TPS Polresta Bogor Kota ini, dihadiri oleh Dandim 0606 Kota Bogor, Danyon Garuda/315 Bogor, PJU dan Kapolsek Jajaran Polresta Bogor Kota, serta para Danramil Kota Bogor.

Untuk pengamanan pada saat pencoblosan di TPS yang akan dilaksanakan pada Rabu (17/4/2019), Polresta Bogor Kota menerjunkan sekitar 1.500 personel yang terdiri dari personel gabungan TNI-Polri Bogor Kota, BKO Brimob, dan BKO Direktorat Sabhara Polda Jabar.

‘’Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini pemilu 2019 telah memasuki tahapan masa tenang dari tanggal 14 s/d 16 April 2019, yang tentunya memiliki kerawanan gangguan kamtibmas, antara lain rapat/ kampanye gelap, serangan fajar, money politic, intimidasi, teror dan sabotase serta provokasi antar pendukung,” kata kapolresta.

Kemudian, lanjut kapolres, pada tahap pemungutan suara nanti, tentunya dapat berpotensi menimbulkan berbagai kerawanan antara lain, menghalangi pemilih atau saksi, pengrusakan TPS, surat atau kotak suara, kekurangan logistik, manipulasi hasil suara, pengrusakan serta pencurian kotak suara, protes dari saksi yang dapat menimbulkan kericuhan di TPS dan sebagainya.

“Oleh karenanya, pada kesempatan yang baik ini, perlu saya sampaikan beberapa penekanan yang perlu di pedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personil anggota Pengamanan TPS,” ujar Kapolresta.

Penekanan itu diantaranya, kepada Pamatwil TPS, agar melaksanakan pegawasan dan pengendalian pada pelaksanakan Pam TPS.

Melaksanakan tugas dan Prosedur dengan memahami peran, kenali dan bangun jejaring dengan petugas KPPS dan Linmas di TPS yang menjadi tanggung jawab diwilayahnya masing-masing.

Tingkatkan Sinegritas dan Soliditas TNI, Polri dan seluruh Komponen Masyarakat.

“Juga senantiasa meningkatkan Body System dalam pelaksanakan tugas guna mensukseskan Pemilu 2019 diwilayah Polresta Bogor Kota.’’ Ujar Kapolresta.

Pada kesempatan yang sama Kapolresta menghimbau seluruh anggota agar melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas.

Tidak lupa ia mengucapkan terimakasih atas segala partisipasi peserta apel sekalian.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan kesehatan kepada kita semua, dalam mengabdi kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesannya. (*/ysp)