Beranda Bogor Raya

Gaji Ditunggak, Karyawan PT SKI Mogok Kerja Dua Bulan

IST PROTES: Karyawan PT Sari Keramindo International melakukan mogok kerja selama dua bulan.

GUNUNGPUTRI–RADAR BOGOR,Seluruh buruh dari PT Sari Keramindo International (PT SKI) yang berada di Jalan Mercedes Benz Km 8, Desa Cicadas, Kecamatan Gu­nung Putri, Kabupaten Bogor, sudah dua bu­lan melakukan aksi mogok kerja.

Bagaimana tidak, keringat mere­ka didasari karena PT SKI belum memba­yar gaji buruh sejak Januari 2019 dan pada 7 Februari baru saja dibayarkan sebesar 1 juta rupiah.

Padahal semestinya PT SKI mem­bayar tenaga kerja buruh sebe­sar Rp4.520.000. Sebelum me­lakukan aksi mogok kerja dan unjuk rasa para buruh sudah me­la­kukan mediasi de­ngan pihak PT SKI diban­tu oleh pihak berwenang tetapi pe­­­rusaha­an tidak memberikan jawaban apa pun.

“Kami sudah dua bulan aksi unjuk rasa mogok kerja ini,” ujar Wagiman, Sekretaris Pim­pinan Unit Kerja (PUK) PT SKI kepa­da Radar Bogor, kemarin (14/4).

Wagiman bersama dengan re­kan-rekannya bertahan dengan meng­gu­na­kan terpal yang mereka jadikan ten­da naungan di de­pan pabrik.

Menurut pengakuan Wagi­man, ada­pun yang menjadi per­masalahan yakni, se­­la­ma kurang lebih dua tahun peru­saha­­an tempatnya mengais rezeki itu tidak men­jalankan tanggung ­jawabnya.

Bah­kan yang paling membuat miris, upah yang sela­­lu dicicil itu hingga kini ti­dak ada kejela­­san pembayarannya.

“Iya itu salah satu­nya (ci­cilan tunggakan),” tuturnya.Sampai saat ini, kata Wagiman, dia dan 156 karyawan PT SKI serta massa bu­ruh simpatisan dari kawasan industri Wana­herang, Cicadas, dan sekitarnya akan te­rus melakukan aksi ini sampai hak mereka dilunasi.

“Kami unjuk ra­sa dari 14 Februari 2019 sampai hak kami terpenuhi,” tukasnya.Dalam orasinya para buruh memin­ta agar PT SKI memba­yarkan gaji merek­a dengan tepat waktu dan tidak dici­cil, bayar BPJS tenaga kerja yang tertun­g­­gak, tun­jangan-tunja­ngan 2018, dan ju­­ga tun­jangan yang tertunggak.

Adapun tuntutan lainnya yaitu un­tuk membayar rapelan UMSK tahun 2018, dan laksa­nakan isi PKB Pasal 37 Poin 3,7,8,10 tentang Tunjangan. Para bu­­ruh juga menjelaskan mereka akan ber­hen­ti mogok kerja bila hak-hak mereka te­lah terpenuhi.

Meski sudah seminggu me­reka me­­la­ku­kan aksi mogok kerja, namun pi­hak PT SKI masih belum memberikan ja­wa­ban apa pun.(all/b)

Baca Juga