25 radar bogor

Diguyur Hujan, Ratusan Surat Suara di Tamansari Rusak

Ilustrasi Kotak Suara Rusak

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 344 kotak suara berbahan kardus kembali rusak di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Penyebabnya sepele, hanya karena kena hujan.

Wilayah Kecamatan Tamansari ini berada di bawah kaki Gunung Salak. Dan lokasinya sangat jauh dari Ibukota Kabupaten Bogor di Cibinong.

Kotak suara ini tiba pukul 18.20 WIB, Sabtu (13/4/2019) di Kecamatan Tamansari. Namun karena kena hujan, sebagian kotak suara kardus ini mengalami kerusakan dan penyok.

Ada 12 truk yang berisi 1.720 kotak yang didistribusikan di delapan desa di sana.

“Kondisi logistik yang sekirannya rusak kita ajukan dulu ke KPU Kabupaten Bogor. Seandainya stok di KPU kabupaten kosong, maka KPU ke KPU RI, barangkali masih ada,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamtan Tamansari, Muklish Nugraha, Sabtu (13/4/2019) seperti dilansir pojokbogor.com.

Muklish mengatakan, permintaan kotak suara tambahan akan dilakukan ke KPUD Kabupaten jika kerusakan yang terjadi tidak bisa mereka perbaiki.

Namun saat ini, kata dia, kotak suara masih bisa diperbaiki dengan mengeringkan dan menggunakan plester perekat.

“Kami usahakan perbaiki dengan lakban dan dilapisi kardus lagi,” katanya.

Selain kotak suara penyok atau rusak, Kendala lain yang dihadapi KPU Kabupaten Bogor yakni belum lengkapnya beberapa item formulir seperti C2, C3, C4, C5 dan C7.

Sementara di wilayah kecamatan lain masih terdala kekurangan surat. “Kecamatan Tamansari sendiri sudah lengkap,” katanya.

Hujan menjadi kendala yang paling dikhawatirkan oleh KPU Kabupaten Bogor. Untuk mengatasi rusaknya kotak suara, pemilihan diselenggarakan di gedung sekolah, dan bangunan yang besar. (ysp)