25 radar bogor

MPR Ajak Masyarakat Sambut Gembira Pemilu 17 April

JAKARTA-RADAR BOGOR,Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengajak masyarakat menggunakan hak memilih pada 17 April nanti. Untuk mengurangi angaka golput tersebut, MPR bahkan sudah menyiapkan iklan layanan masyarakat.

“Kita sudah siapkan iklan layanan masyarakat yang akan dikeluarkan pada tanggsl 15 dan 16 April untuk mengajak masyarakat agar tak golput,” ujar Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah di acata Media Expert Meeting di Gili Trawangan, Lombok, Jumat malam (12/4).

Siti juga mengajak media untuk bersama-sama mendorong meningkatnya partisipasi masyarakat menggunakan hak memilihnya. Karena pemilu yang baik adalah yang dipilih dengan partisipasi masyarakat yang tinggi.

“Mari kita luangkan waktu lima menit, untuk menentukan masa depan bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Jangan sia-siakan hak pilih kita, mari semua memberikan suara kita dengan datang ke TPS,” kata Siti.

Meski demikian, Siti mengaku, selama ini pihaknya kerap kesulitan dalam menyikapi gelaran pemilu lima tahunan. Mengingat, posisinya sebagai Aparatur Sipil Negata (ASN).

“Sebagai ASN, meskipun kami tidak boleh masuk ke salah satu partai politik. Kami tetap ikut mengimbau kepada masyarakat agar pro aktif dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemilu, kami ingin pemilu ini seminimal mungkin angka golput,” ucap Siti.

Siti menegaskan, bahwa posisinya dan MPR netral dan tidak memihak kepada kontestan politik mana pun. “Politik kami di MPR adalah politik kebangsaan. Bukan politik praktis. Kami konsen menjaga ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat,” terang Siti.

Di tempat yang sama, Kasubag Pemberitaan dan Layanan Informasi Biro Humas MPR RI, Budi Muliawan mengungkapkan, bahwa Pileg dan Pilpres 2019 yang pertama kalinya digelar serentak merupakan pesta rakyat dalam berdemokrasi.

“Pesta ini adalah buah dari perjuangan Reformasi 98. Kita masuk ke pintu demokrasi dalam kegembiraan. Karenanya, mari kita berdemokrasi dengan rasa gembira,” kata birokrat muda yang akrab disapa Wawan itu.

Selain fokus menyosialisasikan Empat Pilar kebangsaan, lanjut wawan, MPR juga mengajak masyarakat untuk bergembira dalam berpartisipasi di Pemilu dengan cara menggunkan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

“Pemilu sebagai pesta demokrasi. Jadi sudah sepatutnya masyarakat berhak berpesta dalam mengekspresikan kebebasan hak politik dalam menentukan pilihannya,” pungkas Wawan. (JPG)