25 radar bogor

Bawaslu: Investigasi Surat Suara Tercoblos Kelar Sebelum 14 April

Penampakan surat suara yang sudah tercoblos di salah satu ruko kosong yang ada di Selangor, Malaysia. Diperkirakan ada 50 ribu surat suara yang sudah tercoblos sebelum tanggal pemungutan dimulai. (Istimewa)

MALAYSIA-RADAR BOGOR,Kertas suara tercoblos ‎ditemukan di dua ruko di Selangor, Malaysia. Temuan itu membuat geger masyarakat Indonesia. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan pengawan pemilu (Bawaslu) langsung membentuk tim untuk melakukan investigasi kasus tersebut.

Anggota ‎Bawaslu, Fritz Edward Siregar mengatakan, pihaknya sebisa mungkin akan segera mengumunkan hasil investigas tersebut kepada publik. Dia menargetkan sebelum tanggal 14 April 2019 pemungutan suara di luar negeri, hasil investigasi itu sudah selesai.

“Pokoknya secepatnya, sebelum tanggal 14 April,” ujar Fritz di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/4).

‎Sampai saat ini tim yang terdiri dari KPU dan Bawaslu sudah berada di Malaysia untuk melakukan investigasi. Semua bukti-bukti yang ditemukan dan saksi-saksi akan dimintai klarifikasi. Salah satunya soal apakah surat suara yang tercoblos asli atau tidak.

“Kita akan ungkap apakah ini benar surat suara asli atau tidak? apakah ini dari pos atau tidak? apakah ini dari hasil pos yang dikirim atau tidak? Jadi ini bentuk investigasi dan hasil kajian bersama KPU dan teman-teman Kemlu,” katanya.

Lebih lanjut Fritz mengaku, pihaknya tidak bisa menyampaikan hasil investigasi hanya setengah-setengah. Dia mengatakan, apabila semua hasil investigasi telar rampung, maka Bawaslu akan mengumumkannya ke publik.

“Kami enggak bisa menyampaikan satu atau dua saja, nanti informasi yang disampaikan enggak jelas,” pungkasnya. (JPG)