25 radar bogor

Pasar Raya di Sekolah, SDIT Ummul Quro Kenalkan Interaksi Jual Beli

Peserta didik SDIT Ummul Quro mengikuti kegiatan PARADISE dengan berjualan berbagai macam makanan, akhir pekan lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan peserta didik SDIT Ummul Quro kembali mengikuti kegiatan Pasar Raya di sekolah (PARADISE) dengan berjualan berbagai macam makanan, akhir pekan lalu.

Ketua panitia, Fitria Kurniawati menjelaskan, kegiatan tersebut untuk pembelajaran lintas kurikulum, berkaitan dengan aplikasi pembelajaran tematik di kelas.

“Diantaranya kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar, menghargai beragam karakteristik budaya Indonesia, berhitung dan melatih kemampuan entrepreneur,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Dalam pelaksanaannya, mereka dibagi menjadi 11 kelompok dengan jualan yang berbeda-beda. Ada yang jual sate, seblak, mpek-mpek dan apapun makanan khas Indonesia sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu ‘Aku cinta Indonesia’.

Fitria mengatakan, sebelum berjualan, anak-anak didiknya pun telah menyebar flayer berisikan aneka makanan yang akan mereka jual dalam PARADISE. “Jadi bentuk promosinya lebih dulu dilakukan,” tambah Fitria.

Ia mengungkapkan, goals dari kegiatan ini adalah anak-anak SDIT UQ khususnya bisa berinteraksi dengan orang lain, tidak hanya belajar teori di kelas. Juga mengajarkan mereka bagaimana menghargai karakteristik individu lain di lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan sekitarnya.

“Kami juga terangkan, bahwa jual beli tidak hanya dengan manusia saja. Tapi juga ada jual beli dengan Allah SWT, yaitu melalui sedekah,” bebernya.

Poin ini juga mereka lakukan sebelum memulai berjualan. Sebelum berjualan, sambung Fitria, anak-anak memulai kegiatan dengan berbagi dengan anak panti asuhan di Darussolihin. “Anak-anak diberikan kesempatan untuk memberikan apapun yang mereka anggap terbaik bagi mereka, untuk anak-anak yatim disana,” tutupnya. (ran)